KabariNews – Khasiat bawang putih sudah tidak diragukan lagi dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Selain mudah didapat, bawang putih juga aman digunakan karena tidak berefek samping

Anda pasti sudah tidak asing dengan jenis bumbu yang satu ini. Bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan. Tak hanya berguna di dapur, ternyata bawang putih pun bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit.

Mungkin sudah banyak yang tahu, kandungan antioksidan dalam bawang putih juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan bawang putih mentah sejak jaman nenek moyang sudah terkenal sebagai obat masuk angin. Tak perlu repot mengolahnya, hanya dikunyah mentah, atau digunakan sebagai lalap saat makan, niscaya badan yang kurang segar akan kembali bugar untuk beraktivitas.

Untuk kulit, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan. Misalnya sebagai bahan pembersih wajah yang dipercaya dapat membuat tampilan kulit menjadi lebih halus dan lembut. Berminat mencobanya? Mudah, karena bahannya sederhana yaitu 1 siung bawang putih (cincang halus), 1 buah stoberi (haluskan), 1 sendok minyak zaitun dan oatmeal secukupnya. Campur semua bahan lalu aduk rata. Oleskan pada wajah, dan pijat perlahan kulit selama 3 menit, biarkan mengering. Pada saat pemakaian, wajah akan terasanya sedikit pedih seperti digigit semut, tapi tidak apa-apa karena ini merupakan proses alami. Sabar sebentar untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Setelah agak mengering dan terasa kencang, bilas dengan air hangat, lalu cuci dengan sabun wajah yang biasa Anda gunakan. Ulangi bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori wajah. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih segar dan halus. Lakukan perawatan ini 1 kali seminggu.

Selain menghaluskan wajah, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan jerawat yang bandel. Jerawat muncul disaat tidak tepat, untuk solusinya Anda bisa mengambil 1 siung bawang putih kupas, potong bagian tengahnya lalu pulaskan ke bagian yang berjerawat. Rasanya akan sedikit pedih dan panas, namun jerawat akan lebih cepat kering dan hilang dalam waktu cepat. Lakukan perawatan ini tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Tak hanya bisa digunakan di wajah, karena bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut. Jika Anda punya masalah dengan rambut rontok, atasi dengan bawang putih. Untuk rambut rontok gunakan minyak bawang putih yang terbuat dari beberapa bawang putih yang dihaluskan. Gunakan ampas dan minyaknya untuk dioleskan di bagian kulit kepala sambil sesekali dipijat sebelum tidur. Dalam beberapa waktu, rambut akan kembali subur dan kerontokan akan berkurang.

Punya masalah dengan tumit yang pecah-pecah? Gunakan bawang putih untuk menutup bagian kulit tumit yang bermasalah. Siapkan 2 siung bawang putih, kupas lalu haluskan. Teteskan sedikit air agar menjadi masker, lalu oleskan pada bagian tumit yang pecah-pecah dan biarkan menempel agar terserap. Lakukan perawatan ini saat malam hari secara rutin.

Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, bawang putih juga efektif redakan sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan biasanya muncul pada perubahan musim. Waspadai hal tersebut agar tidak berlarut-larut dan menyita aktivitas Anda. Bawang putih bisa menjadi salah satu solisi untuk meredakan sakit tenggorokan. Sejak jaman dahulu, bawang putih diyakini dapat membasmi bakteri penyebab iritasi pada tenggorokan. Nah ini bisa jadi solusi alami jika suatu saat Anda menderita sakit tenggorokan dan ingin cepat sembuh. Hangatkan satu atau dua siung bawang putih dalam microwave selama 10 hingga 15 detik. Lalu hancurkan bawang putih dengan ditekan, dan makan langsung. Lakukan cara ini satu kali dalam sehari, hingga sakit mereda.