Tanpa air bersih, loe… gue… end. Begitu bunyi poster yang dipasang untuk memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada hari Jumat, 22 Maret 2013 ini. Poster yang berisi himbauan untuk peduli, menjaga dan mempergunakan sumber daya air dengan bijak ini dipasang di bunderan HI. Setuju dengan isi poster tersebut?

Menurut catatan PBB, sekitar 780 juta orang di dunia belum bisa menikmati air bersih. Sungguh disayangkan karena air merupakan sarana vital untuk keberlangsungan kehidupan. Kita yang bisa mendapatkan air bersih dengan mudah, ada baiknya tidak terlena dan ikut berperan aktif untuk menghemat air bersih. Karena belum tentu, beberapa tahun ke depan kita masih bisa menikmati air bersih dengan mudah  dan gratis.

Berikut ini 15 langkah untuk menghemat penggunaan air.

  1. Melatih kepekaan terhadap penggunaan air dengan segera mematikan air ketika bak mandi sudah terisi penuh.
  2. Menggosok gigi dengan keran air tertutup dan membukanya hanya pada saat membilas. Bisa juga dengan menyediakan air satu gelas untuk membilas.
  3. Tidak membiarkan air mengalir saat mencuci tangan dan memakai sabun. Buka keran saat membilas. Bisa juga dengan cara menampung air yang digunakan khusus untuk membilas. Cukup gunakan satu gayung untuk sekali cuci tangan.
  4. Tampung air dari sisa mencuci sayuran, buah-buahan atau piring. Sisa air tersebut bisa digunakan untuk menyiram tanaman.
  5. Berhemat saat menyiram tanaman, hanya menyirami rumput, tanaman dan pepohonan. Tidak usah menyiram halaman yang tertutup semen atau ubin.
  6. Kumpulkan cucian sehingga cukup banyak dan cuci sekaligus di mesin cuci. Mencuci hanya sedikit pakaian menggunakan air dan daya listrik yang lebih banyak.
  7. Penggunaan bathtub di kamar mandi memerlukan air yang lebih banyak. Mungkin kita bisa mempertimbangkan untuk menggunakan air dengan gayung untuk berhemat.
  8. Saat mencuci rambut padamkan shower atau keran air. Hanya nyalakan air ketika membilas.
  9. Pilih waktu pagi dan sore untuk menyiram tanaman agar air tidak cepat menguap karena cuaca yang terik.
  10. Saat musim hujan, tampung air dan gunakan untuk berbagai keperluan seperti misalnya menyiram garasi atau mencuci sepeda.
  11. Pada saat mencuci sepeda motor atau mobil bisa dilakukan di atas rumput karena sekaligus menyirami tanaman.
  12. Membuat lubang resapan biopori yang berguna untuk menyimpan cadangan air dalam tanah.
  13. Pergunakan gelas dengan bijak, tidak perlu sering mengganti gelas demi menghindari penggunaan air berlebihan saat mencucinya.
  14. Pada saat memandikan hewan peliharaan, usahakan di atas rumput agar sekaligus menyiram tanaman dan air meresap ke tanah.
  15. Kurangi penggunaan air saat membersihkan lantai rumah dari sampah.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?54095

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :