Jakarta, KabariNews.com – Sampah plastik merupakan salah satu bahan yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan, karena sifat bahan dasarnya yang sulit diurai secara alami.

Tingginya jumlah sampah dengan bahan plastik di Ibukota, membuat pemerintah DKI Jakarta harus memutar otak guna mengurangi jumlah sampah plastik tersebut, juga untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang lebih parah.

Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan Pemprov DKI Jakarta untuk menargetkan Jakarta terbebas dari penggunaan kantong plastik di tahun 2011 nanti.

Usai menghadiri pertemuan dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menjelaskan bahwa Pemprov DKI akan mengganti pengggunaan kantong plastik dengan kantong yang dapat didaur ulang.

“Kita akan menyiapkan kantong untung menggantikan bahan plastik dengan bahan yang dapat didaur ulang, atau bahan yang tidak berbahaya bagi lingkungan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa kerjasama para pengusaha ritel sangat penting untuk menjalankan rencana tersebut, untuk tidak menggunakan kantong berbahan plastik sebagai wadah belanjaan konsumennya.

Ketua Kadin DKI Jakarta, Edi Kuntadi, juga menyambut baik rencana Pemprov DKI Jakarta ini.

Menurutnya hal ini harus segera disosialisasikan kepada para pengusaha dan masyarakat untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik, serta meminta masyarakat untuk dapat membawa sendiri kantong belanjaan mereka guna meminimalkan sampah plastik.

“Kita akan sosialisasikan, dan mencari solusi pengganti bahan kantong plastik. Agar lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?34524

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :