PT Pertamina (Persero) memastikan produksi pelumasnya akan dipakai oleh beberapa kalangan di Amerika Serikat pada tahun 2012. Target penjuakan ke negara adikuasa ini dinilai lebih cepat dari perkiraan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kalangan di Amerika yang akan mempergunakan minyak produksi Pertamina itu adalah kalangan industri. “Kita malah terkejut , justru pihak perusahaan industri di AS yang melakukan pendekatan ke pihak Pertamina untuk bisa mendapatkan pelumas kita. Pelumas tersebut nantinya akan dibutuhkan oleh sejumlah perusahaan,”kata Asisten Manager Marketing Luar Negeri PT Pertamina, Nugroho Setyo.

Pertamina merencanakan, ekspansi produksi akan dilakukan di Seattle, Amerika Serikat. Semula pihak perusahaan di AS tersebut baru akan menargetkan kebutuhan pelumasnya ke Pertamina pada tahun 2016. “Target ini lebih cepat dari perkiraan sebelumnya selain karena kualitas produksi juga kami berusaha fleksibel dalam bernegosiasi, “ujarnya. Jika nanti prospek bisnisnya lebih menguntungkan, tidak tertutup kemungkinan Pertamina akan membangun pabrik pelumas di AS.

Tahun 2012, pihak Pertamina juga akan melakukan ekspansi ke Indochina dan China. “Untuk dapat menguasai pasar di Indocina dengan cara mengakuisisi sebuah pabrik pelumas yang ada di Thailand,”kata Nugroho. Dalam melakukan ekspansi binis ke luar negeri, Pertamina menerapkan strategi yang berbeda dengan mempertimbangkan efisiensi dan budaya setempat.

Saat ini produk pelumas Pertamina sudah merambah 19 negara. Penjualan pelumas Pertamina terus meningkat hingga 127 persen dalam kurun waktu 2008 sampai September 2011.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37671

Untuk melihat artikel Bisnis lainnya, Klik disini

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :