KabariNews – Penyakit diabetes ini merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh secara terus menerus. Peningkatan dari gula darah ini disebabkan oleh organ pankreas yang tidak bisa memproduksi hormon insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia.

Dr Monita-KabariNewsMenurut Dr Monita Lubis Sp.PD, Dokter Spesial Penyakit Dalam dari RSIA Buah Hati mengatakan setelah di diagnosa terkena penyakit Diabetes Mellitus, maka penderita harus mulai mengurangi mengkonsumsi nasi, gula dan garam. “Untuk nasi kurangi 3-4 sendok per hari,” kata Dr Monita.

D Monita melanjutkan, meski telah sakit, bukan berarti tidak bisa berolahraga. Olahraga yang dianjurkan adalah jogging, renang dan bersepeda. “Olahraga 3 kali dalam seminggu. Sekali olahraga selama 30-60 menit,” terang Dr Monita yang mengharapkan penderita juga harus menghindari latihan yang terlalu berat dan sepatu yang tidak sesuai.

Dengan sakit diabetes, 3 hal ini harus diperhatikan. “ Teratur minum obat, obat tidak boleh habis dan kontrol yang teratur,” pungkas Dr Monita. (Dessy/Foto: Dessy)