10899966_10152949279184277_2755072614440385765_oKabariNews – Pada 28 Februari 2015, Masyarakat dan Diaspora Indonesia di Chicago telah sukses menyelenggarakan salah satu rangkaian perayaan The 32nd AACC Conference on Business and Networking & Annual Lunar New Year Celebration terbesar di Chicago yang dihadiri oleh ribuan peserta dan puluhan pejabat tinggi pemerintah dan parlemen lokal, wakil pemerintah federal serta beberapa anggota Kongres Amerika Serikat. Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Bapak Budi Bowoleksono, beserta Konsul Jenderal RI Chicago, Bapak Andriana Supandy, Presiden Indonesian Diaspora Network-Global, Bapak Mohamad Al-Arief dan Presiden Indonesian Diaspora Business Council, Bapak Edward Wanandi, juga turut hadir menjadi tamu kehormatan pada acara tersebut.

Kegiatan perayaan Tahun Baru Imlek (lunar New Year Celebration) tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan secara bergilir sejak tahun 1983 oleh 16 komunitas masyarakat Asia-Amerika di Chicago yang tergabung dalam Asian American Coalition of Chicago (AACC). Pada tahun ini, untuk kedua kalinya sejak tahun 2006, Masyarakat dan Diaspora Indonesia di Chicago dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara. Sdr. Martino Tangkar, ketua Indonesian Diaspora Network-Midwest, dipercaya menjadi ketua AACC sekaligus bertanggung jawab untuk penyelenggaraan 32nd Conference on Business and Networking & Lunar New Year Celebration.

Dengan tema utama “E Pluribus Unum, Bhinneka Tunggal Ika” rangkaian kegiatan diselenggarakan selama satu hari penuh dan dibagi dalam 2 (dua) bagian, yaitu Conference on Business and Networking pada pagi sampai dengan sore hari, dan Lunar New Year Celebration dalam bentuk gala dinner pada malam hari. Bertempat di Hotel Hyatt Regency, perayaan yang bernama The 32nd AACC Conference on Business and Networking & Annual Lunar New Year Celebration dimulai dengan pembukaan Pameran Bisnis dan Kesehatan oleh Ketua AACC Martino Tangkar, Konsul Jenderal Andriana Supandy dan Illinois Secretary of State, Mr. Jesse White.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal Supandy menyampaikan ucapan selamat kepada Diaspora Indonesia di Chicago dan sekitarnya atas kesuksesan penyelenggaraan rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek (lunar New Year Celebration) tahun ini. Konjen RI juga mengapresiasi upaya pengenalan kekayaan seni, budaya dan kuliner Indonesia di sepanjang acara perayaan tersebut kepada para pengunjung yang hadir. Disampaikan juga apresiasi kepada Mr. Jesse White atas dukungannya pada komunitas Asia-Amerika selama menjabat sebagai Illinois Secretary of State terlama hingga saat ini.

Acara pembukaan atau kick-off Perayaan Tahun baru Imlek di atas dihadiri oleh lebih dari 500 orang serta dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian, antara lain: Reog Ponorogo oleh tim kesenian Singo Lodoyo dari Washington D.C, tari Bubuy Bulan oleh tim kesenian Indonesian Dance of Illinois, tari Ronggeng Blantek oleh tim kesenian KJRI Chicago, Northern Lion Dance dan penampilan tari murid St. Therese School Chicago, serta penampilan akrobatik Jesse White Tumbling Team.

Secara bersamaan dengan kegiatan Pameran Bisnis dan Kesehatan tersebut juga diselenggarakan beberapa forum atau workshop paralel, yaitu: Networking Forum, Business and Health Forum; Youth Education Networking Forum, Immigration Law Workshop dan Culinary Workshop. Forum-forum yang ditujukan untuk pengayaan dan advokasi bagi warga Asia-Amerika di Chicago tersebut diisi oleh pembicara, seperti: pejabat Departemen Perdagangan AS dan White House Initiative on Asian Americans & Pacific Islanders (WHIAPPI), Department of Commerce – MBDA, Kantor Illinois Secretary of State, Wonjin Beauty Medical Group & Hanaro Medical Foundation dari Seoul, Asian Real Estate Association of America, Asian American Advancing Justice, Be The Match Foundation/Icla da Silva Foundation, dan PERMIAS Chicago.

Pada kesempatan tersebut, KJRI Chicago turut mengisi workshop Imigrasi bersama dengan Pengacara Lia Sundah Suntoso dari New York serta membuka pelayanan konsuler. Ketua IDN-Global, Mohamad Al-Arief, beserta tim advokasi IDN-USA juga mengisi workshop Imigrasi dengan mengangkat tema perkembangan RUU Dwikewarganegaraan yang telah masuk dalam daftar Program Legislasi Nasional. Tidak kalah menarik, Chef Yono Purnomo dari Albany, New York, secara khusus memperkenalkan citarasa masakan Indonesia pada sesi demo kuliner serta melalui sajian kuliner Indonesia: Soto Ayam, Rendang Padang, Ikan Bumbu Rujak, Pisang Goreng Bali sebagai menu utama acara Gala Dinner kali ini. Sedangkan lipatan serbet berbentuk Bird of Paradise (Cendrawasih).

Untuk semakin memperkuat pengenalan Indonesia, KJRI Chicago dan ITPC Chicago turut berpartisipasi dalam Business Fair and Exhibition dengan membuka booth yang memperkenalkan produk-produk pangan dan potensi pariwisata Indonesia. Booth Indonesia menarik perhatian pengunjung untuk datang dan mencari informasi seputar Indonesia. Selain booth Indonesia, pameran juga diikuti oleh para sponsor acara seperti: Nielsen, Blue Cross Blue Shield Illinois, McDonald’s, University of Chicago-Medicine, Nicor Gas, CIA, Hanmi Bank, Attorneys’ Title Guranty Fund, Inc, Akira dan beberapa sponsor lainnya. Digelar pula Peragaan Busana (Fashion Show) oleh Akira dan Lady Quaint.

Lebih lanjut, kegiatan Gala Dinner yang merupakan puncak rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek AACC dihadiri oleh lebih dari 1.000 peserta dan puluhan VIP, seperti: anggota Congress AS, yaitu Congresswoman Tammy Duckworth sebagai Keynote Speaker, dan Congressman Robert “Bob” Dold, serta Senat President John Cullerton,  dan Senator Daniel Biss; Pejabat Negara Bagian Illinois: Secretary of State Jesse White, Comptroller Leslie G. Munger, Treasurer Michael Frerichs, dan Attorney General Lisa Madigan; Pejabat Cook County: Presiden Cook County Board Toni Preckwinkle dan Attorney Anita Alvarez; Commissioner of White House Initiative on Asian Americans and Pacific Islanders, Billy Dec; Mantan Gubernur Illinois Pat Quinn, dan; Kandidat Walikota Chicago Jesus Garcia. Disamping itu juga hadir perwakilan Konsul Jnderal Negara Asia lainnya. Selain pejabat pemerintahan dan parlemen, gala dinner dihadiri, diliput dan dipandu oleh beberapa anchors dan reporters media televisi Chicago, seperti Eric Horng dan Judy Hsu (ABC7), Judy Wang (WGN-TV News), Joanie Lum (Fox TV), Judy Wang (CLTV), Katie Kim (NBC 5), dan Susanna Song (CBS2).

Acara gala dinner dibuka dengan lantunan lagu kebangsaan AS ‘The Star Spangled Banner’ dan lagu Indonesia Raya. Acara kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua AACC, Sdr. Martino Tangkar, dan sambutan dari para tamu VIP dimulai dengan Sambutan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (video message). Dalam hal ini, pada sambutannya di acara gala dinner, Konjen RI secara khusus menggarisbawahi bahwa tema ‘E Pluribus Unum; Bhinneka Tunggal Ika’ yang dipilih sangat tepat untuk menggambarkan Indonesia yang terdiri dari lebih dari 17 ribu pulau, ratusan kelompok etnis dengan bahasa dan budaya yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan yang dimiliki Indonesia tersebut merupakan aset untuk kemajuan dan kekuatan Indonesia. Konjen RI juga menyampaikan kesamaan pandangan RI-AS tentang potensi keberagaman bagi persatuan dan kemajuan bangsa juga dinilai sebagai salah satu pendorong kemajuan penguatan kerjasama bilateral RI-AS.

Tammy Duckworth, Congresswoman keturunan Asia-Amerika pertama dari Illinois yang lahir di Thailand dan pernah tinggal selama delapan tahun di Indonesia didaulat menjadi keynote speaker pada acara gala dinner. Pada pidatonya yang sebagian disampaikan secara lancar dalam bahasa Indonesia, Tammy Duckworth menyampaikan rasa senang dan kekagumannya atas kemeriahan perayaan lunar New Year tahun ini. Beliau juga menyampaikan kenangannya selama tinggal di Indonesia yang memperkaya pengalaman dan pandangan hidupnya tentang pluralitas.

Untuk memeriahkan acara gala dinner, komunitas Indonesia menampilkan beberapa kesenian tradisional Indonesia, seperti Barong Bali (oleh Indonesian Dance of Illinois – IDI) dan Tari Puspanjali (oleh Indonesian Performing Art of Chicago – IPAC) yang diiringi oleh alunan gamelan Bali secara live oleh tim gamelan dari University of Illinois at Urbana-Champaign, Reog Ponorogo oleh Kelompok Singo Lodoyo (Washington DC), Tari Gambyong Pangkur dan  gamelan Jawa oleh Tim Kesenian KJRI Chicago. Selain itu juga ditampilkan tari kreasi Journey to Harmony yang menampilkan ragam budaya komunitas Asia-Amerika.

Pada perayaan Imlek kali ini, AACC secara khusus menyerahkan penghargaan “The Grand Asian American Sandra Otaka Memorial Award” kepada Illinois Attorney General Lisa Madigan dan “The Pan Asian American Ping Tom Memorial Award” kepada Aurora Abella-Austriaco, warga Filipino American yang adalah Ketua Asosiasi Bar Chicago.  Selain itu, AACC menyerahkan penghargaan untuk kategori Community Service Awards dan Youth Who Excels. Dari Komunitas Indonesia terpilih Sdr. Prabowo Woerjadi untuk kategori Community Service Awards dan Sdr. Catherine Au Jong untuk kategori Youth Who Excels. Medali dan piagam penghargaan untuk ke-20 awardees diserahkan oleh Dubes RI untuk AS.

Usai gala dinner, masyarakat dan Diaspora Indonesia berkesempatan untuk bertemu dan berbincang informal dengan Dubes RI. Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas kesuksesan Masyarakat dan Diaspora Indonesia dalam penyelenggaraan Tahun Baru Imlek di Chicago.  Dubes RI juga menyampaikan bahwa Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang sangat pesat terutama dalam penerimaan terhadap pluralitas yang ada. Hal ini merupakan aset negara yang sangat berharga. Kegiatan-kegiatan yang melibatkan Diaspora Indonesia, seperti halnya perayaan Imlek AACC ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi para Diaspora Indonesia utamanya dalam membangun networking dengan komunitas-komunitas Asia-Amerika lainnya (connecting the dots). Lebih lanjut Dubes RI menjelaskan bahwa hubungan bilateral antara Indonesia dengan AS saat ini berada pada tingkatan terbaik dibandingkan masa-masa sebelumnya. Namun demikian masih ada beberapa aspek dalam hubungan kerjasama ini yang belum digali secara maksimal. Untuk itu, Dubes RI menghimbau masyarakat dan Diaspora Indonesia di AS untuk bersama-sama dengan perwakilan RI mengeksplor lebih jauh potensi-potensi kerjasama yang menguntungkan bagi kedua negara.

Secara umum, acara gala dinner berlangsung meriah dan semarak. Para undangan yang hadir kagum dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya gala dinner yang dimeriahkan dengan kesenian tradisional Indonesia. Apresiasi tersebut juga disampaikan oleh para tamu undangan dan VIP kepada Dubes RI dan Konjen RI.

(Sumber: KJRI Chicago, Bernadeta Pratiwi, Jepri Edi, Martino Tangkar)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/75184

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

kabari store pic 1