Jakarta, KabariNews.com – Lima pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Indonesia akan bertarung di kompetisi “”Intel Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2010” yang akan digelar pada bulan Mei, di San Jose, Amerika Serikat.

Mereka akan mengikuti berbagai lomba ilmiah, serta menjawab berbagai pertanyaan mengenai permasalahan global yang tengah dihadapi dunia saat ini.

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Umar Anggara Jenie, yang mendampingi kelima siswa tersebut saat menemui Wakil Presiden Boediono di Jakarta, Kamis (8/4), menjelaskan bahwa ini merupakan pertamakali Indonesia mengikuti kompetisi Intel ISEF.

“Ini merupakan pertamakali perwakilan Indonesia mengikuti ajang Intel ISEF, ini bukti bahwa siswa-siswi kita dapat berkompetisi dan bersaing dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Kelima siswa Indonesia ini akan berkompetisi dengan 1.500 siswa lainnya dari 51 negara.

Intel ISEF merupakan salah satu program untuk mengumpulkan hasil-hasil penemuan dan pemikiran kreatif siswa.

Para peserta akan memperebutkan hadiah $ 3 juta dalam bentuk penghargaan dan beasiswa, serta akan mendapatkan jaringan dengan sesama siswa-siswa dari lebih 50 negara yang ikut andil dalam kompetisi tersebut, juga jaringan akademisi dan perusahaan yang mensponsori.

Mereka akan bersaing dalam 17 ilmu dan kategori perlombaan, seperti energi, kimia, ilmu lingkungan, transportasi, kesehatan dan lainnya.

Kompetisi yang telah digelar sejak tahun 1950-an ini diharapkan dapat terus menjaring ide dan pemikiran kreatif.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?34751

Untuk

melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya,
Klik

disini

Klik disini
untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri
nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :