KabariNews – Pekerjaan yang menumpuk, situasi kantor yang ‘panas’ membuat tingkat stres makin naik. Kondisi yang terburu-buru justru akan membuat pekerjaan tidak maksimal. Ayo cari tahu apa sebabnya.

Jika keadaan seperti diatas tengah Anda alami, bukan tidak mungkin Anda akan merasa ‘tertekan’ stres yang akhirnya merasa jenuh selama berada di kantor. Alhasil kinerja Anda pun jadi ‘kendor’

Sebelum rasa jenuh menguasai diri Anda dan akhirnya memutuskan untuk pindah kantor, ada baiknya hindari dengan beberapa trik berikut agar semangat Anda kembali dan pekerjaan tuntas.

Konsumsi vitamin C

Anda merasa tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal? Cobalah untuk merilekskan diri dengan jus lemon. Jus kaya vitamin C ini akan membuat Anda lebih santai, aroma yang segar bisa menyegarkan pikian Anda.

Vitamin C dipercaya dapat membantu menenangkan saraf dan bermanfaat membantu memproduksi hormone anti stres.

‘Bermain’ di kantor

Meredam jenuh dengan kesukaan. Misalnya Anda punya kesukaan atau kegemaran main game, tidak ada salahnya ‘mencuri’ sedikit waktu untuk melepas jenuh dengan game favorit selama 10 menit untuk melancarkan ketegangan selama di ruang kerja. Atau Anda lebih suka menggambar untuk mengekspresikan emosi Anda pada kertas misalnya.

Berbagi dengan teman sekantor

Bukan bermaksud berbagai stress dengan teman sekerja, tapi sedikit curhat (curahan hati, red) pada rekan bisa menurunkan jenuh. Mungkin hal serupa juga dirasakan teman, jadi Anda bisa bertukar pikiran sehingga Anda tidak merasa sendirian.

Atur pernapasan

Cari sudut ruangan yang tenang, tutup mata Anda. ambil napas dalam-dalam untuk menenangkan diri. Lalu buang napas secara perlahan dan lakukan berkali-kali. Saat menarik napas Anda bisa menghitung sampai 20-50 untuk mengalihkan pikiran. Cara ini efektif untuk melepaskan ketegangan sehingga Anda bisa kembali bekerja dengan suasana yang lebih nyaman.

Buang jenuh lewat tertawa

Saat istirahat makan siang bergabunglah dengan rekan lain dan bercandalah. Atau Anda bsia mendekati teman Anda yang terkenal humoris, minta dia untuk menghibur Anda atau sekedar mendengarkan ‘ocehannya’  yang dapat membuat Anda tertawa lepas. Atau Anda bisa juga melihat cerita lucu melalui internet. Tertawa bisa menurunkan stres dan rasa jenuh yang berkepanjangan.

Olahraga ringan

Meregangkan tubuh juga bisa menurunkan ketegangan, coba sesekali olahraga ringan saat di kantor. Tidak perlu alat, Anda hanya cukup mengalihkan pandangan dari layar computer Anda, lalu regangkan kepala, tangan dan kaki. Atau Anda bisa berjalan cepat menuju toilet atau sekitar ruangan. Peregangan otot bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah agar tidak memicu stres.