Aktivitas berjalan kaki ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Telapak kaki yang memiliki banyak titik pusat syaraf, akan lebih sehat dengan sering berjalan kaki.

Menurut beberapa penelitian, aktivitas berjalan kaki dapat menjaga kesehatan tubuh dan dapat menangkal penyakit seperti:

Stroke

Jalan kaki dapat memperlancar sirkulasi peredaran darah dalam tubuh, sehingga memperkecil tingkat resiko penyumbatan darah dalam tubuh.

Dalam studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health terhadap 70 ribu perawat yang dalam aktivitasnya melakukan kegiatan berjalan kaki selama 20 jam dalam semingggu, resiko mereka terkena serangan stroke menurun sampai duapertiga dari mereka yang jarang beraktivitas dengan berjalan kaki.

Kencing Manis (Diabetes)

Semua orang tentu tak ingin memiliki penyakit dalam tubuhnya, apalagi penyakit kencing manis. Berdasarkan hasil penelitian National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases,  seseorang yang biasa sering berolah raga jalan kaki dengan menempuh jarak sekitar 6 km per jam dalam waktu sekitar 50 menit, ternyata dapat mengurangi resiko terkena Diabetes Tipe 2.

Dengan olahraga jalan kaki secara rutin, ketergantungan penderita Diabetes terhadap obat akan dapat dikurangi dan kadar gula darah dapat lebih terkontrol.

Mencegah Osteoporosis

Selain otot tubuh dan fungsi urat syaraf  serta peredaran darah yang dapat terjaga dengan berjalan kaki, kesehatan tulang pun dapat terjaga dan mengurangi resiko pengeroposan tulang akibat kekurangan Kalsium.

Selain kebutuhan Kalsium dan Vitamin D untuk tulang Anda, tubuh Anda juga memerlukan aktivitas gerak yang teratur. Bagi Anda yang sering melakukan olah raga jalan kaki di pagi hari di luar ruangan dengan sinar matahari pagi, Anda dapat terbebas dari ancaman Osteoporosis.

Menurut penelitian, mereka yang sering melakukan gerak badan sejak muda dan mengkonsumsi Kalsium secara rutin, sampai mereka berusia 70 tahun diperkirakan akan terbebas dari ancaman pengeroposan tulang dan masih dapat beraktifitas secara normal.

Serangan Jantung

Seperti kita ketahui, otot jantung membutuhkan aliran darah yang lebih kuat sehingga dapat memompa darah keseluruh tubuh. Salah satu manfaat yang kita dapatkan dari berjalan kaki yaitu, dapat menjaga kondisi jantung kita tetap sehat.

Seseorang yang sering melakukan olah raga jalan kaki dapat membatu fungsi otot jantungnya dalam memompa darah keseluruh tubuh dan memperlancar aliran darah. Sehingga kebutuhan oksigen dalam jantung dapat terpenuhi dan dapat berdegup dengan normal. Selain itu, dengan sering berjalan kaki, akan melatih arteri pembuluh darah kita menerima aliran darah sehingga gumpalan darah yang membeku dapat berkurang.

Selain itu, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons untuk menyerap kolesterol buruk (LDL) akan lebih meningkat dengan berjalan kaki.

Jadi dengan berjalan kaki secara rutin akan mampu mengurangi resiko terkena serangan jantung sampai separuhnya.

Mencegah Kanker

Saat melakukan aktivitas berjalan kaki, kita dapat memperkecil munculnya sel kanker, seperti kanker usus besar (Colorectal Carcinoma).

Sebab saat berjalan kaki, badan kita ikut bergerak dan memperlancar peristaltik usus, sehingga dapat memperlancar buang air besar yang tertahan pada usus kita.

Salah satu terjadinya kanker usus adalah tidak lancar dan tidak rutinnya kita saat buang air besar, sehingga tinja akan tertahan lebih lama di saluran pencernaan.

Dengan berjalan kaki, usus kita akan memacu kotoran dalam tubuh kita untuk bergerak keluar.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa, aktivitas berjalan kaki dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara, hal ini disebabkan banyaknya keringat yang keluar dengan membawa racun dalam tubuh saat berjalan kaki.

Menjaga Berat Badan

Berjalan kaki secara rutin dapat menjaga berat badan lebih stabil, olah raga berjalan kaki terbukti dapat mengurangi berat badan. Tumpukan lemak di bawah kulit dapat cepat terbakar saat kita berolah raga jalan kaki secara rutin sekitar satu jam di bawah sinar matahari.(arip/Berbagai sumber)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?32409

Untuk melihat artikel Berita Indonesia / Kesehatan lainnya, Klik disini

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket