KabariNews – Terlihat gagah dan kompak barisan prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) dalam Kirab Kota yang diselenggarakan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Armada Repuplik Indonesia yang ke-70. Kirab Kota yang sudah menjadi tradisi tiap tahunnya ini, diselenggarakan oleh jajaran Armada Kawasan Timur Indonesia (Armatim), diikuti sebanyak 2.500 peserta dari berbagai unsur divisi yang ada dalam jajaran Armatim.

Kirab menempuh jarak sejauh empat kilometer dengan start awal dari Tugu Pahlawan melalui jalan-jalan protokol di kota Surabaya dan berakhir di wisma TNI-AL Yos Sudarso ini berlangsung pada hari Sabtu (17/12).

Dengan mengenakan seragam kedinasan yang khas lengkap dengan atribut kebesarannya dan membawa senjata ditangannya, garda penjaga samudera ini, menampilkan atraksi yang memukau penonton di sepanjang rute kirab.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto turut hadir bersama Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Forpimda serta jajaran Polisi Republik Indonesia (Polri) dan jajaran TNI lainnya.

Dalam kesempatan itu, Pangarmatim Laksda TNI Darwanto mengatakan, digelarnya kirab ini, ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa TNI milik rakyat dan sebagai upaya untuk menghidupkan kembali tradisi-tradisi yang sempat terhenti dalam HUT Armada RI.

Selain itu, lanjut Darwanto. Kirab ini sebagai bentuk bagian dari terjalinnya hubungan antara TNI-AL dengan unsur-unsur TNI lainnya serta menjaga stabilitas keharmonisan antara TNI-Polri beserta rakyat.

“Kami menghidupkan kembali tradisi yang sempat terhenti selama delapan tahun, sehingga masyarakat bisa melihat kembali para prajurit TNI-AL,” kata Darwanto.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengucapkan syukur atas terselenggaranya Kirab Kota yang jarang terjadi.

“Semoga TNI terus berjaya sehingga terus dapat menampilkan aksi-aksi yang memukau dan terlebih dari itu, tetap kuat dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, terutama diwilayah Timur Indonesia,” ucap Soekarwo.

Animo masyarakat untuk menyaksikan Kirab Kota begitu besar, terlihat disepanjang rute yang di lalui peserta kirab penuh sesak. Bahkan, sedari pagi hari penonton sudah memenuhi jalur yang akan di lalui kirab.

“Saya sengaja membawa anak dan istri untuk nonton kirab ini. Jarang ada seperti ini. Anak dan istri  saya pun senang. Semoga TNI-AL tetap jaya”, ungkap Suranto, warga Siwalankerto, Surabaya.

Saat kirab berlangsung, ribuan mata penonton larut dalam aksi parade dan devile yang disuguhkan oleh prajurit TNI-AL. Bahkan, teriakan-teriakan penonton pun terdengar saat atraksi drum band menyuguhkan atraksi formasi segitiga.

Setidaknya ada tiga titik lokasi yang dipilih untuk atraksi dalam Kirab Kota kemarin, yaitu di Tugu Pahlawan, didepan gedung Grahadi, dan didepan wisma TNI-AL Yos Sudarso. (Yanuar/foto: Yan)