KabariNews – Mengenakan setelah jas berwarna putih dan bertopi dinas Basuki Tjahaja Purnama nampak gagah dan mantab bisa memberikan perubahan untuk Ibu Kota. Secara resmi, Plt Gubernur DKI Jakarta dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Gubernur DKI Jakarta, pada Rabu (19/11). Pria yang akrab disapa Ahok itu dilantik berdasarkan Keppres Nomor 130/P/2014 tentang pengesahan pemberhentian Wagub DKI Jakarta dan pengangkatan Gubernur DKI Jakarta. “Saya berjanji akan memenugi kewajiban saya sebagai gubernur DKI Jakarta dengan baik, seadil-adilnya dan memegang tegus UUD 1945 dan menjalankan undang-undang dan seluruh peraturan dengan seluas-luasnya” kata Basuki saat mengucapkan sumpah di Istana Negara.



Ahok mengawali karirnya di DKI Jakarta sebagai Wakil Gubernur DKI. Dia memenangkan pemilihan kepada daerah DKI Jakarta bersama Jokowi. Keduanya dilantik pada 15 Oktober 2012. Perjalanannya menuju kursi DKI 1 cukup berliku karena diwarnai sejumlah kritikan dan penolakan. Tak hanya elite politik, ormas anti-Ahok seperti Front Pembela Islam (FPI) pun sempat menimbulkan pro kontra. Ahok dinilai tidak pantas memimpin Ibu Kota karena berbeda keyakinan dan suku dengan mayoritas warga Jakarta. FPI bahkan mengancam akan mengangkat gubernur tandingan sebagai bentuk protes.

Dalam pelantikan hadir istri Ahok Veronica Tan serta ibunda Ahok, Buniarti Ningsih serta tiga anak Ahok yakni Nicholas, Nathania dan Daud Albeenner. Pelantikan juga dihadiri Wapres JK, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang dan sejumlah menteri. Tampak hadir juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Gubernur DKI ke-14 Sutiyoso.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?72907

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Asuransi Mobil