Jakarta, KabariNews.com – Aliasi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menyatakan dukungannya terhadap situs Wikileaks.

Menurut siaran pers yang diterima redaksi KabariNews.com, Rabu (15/12), AJI menilai bahwa keberadaan situs Wikileaks yang telah memuat dokumen-dokumen penting mengenai informasi publik namun dirahasiakan oleh beberapa negara selama ini, adalah hal yang sangat penting bagi dunia jurnalis guna menggali informasi.
AJI melihat bahwa Wikileaks merupakan salah satu sumber awal dalam peliputan investigatif, atau setidaknya dapat membantu proses penelusuran dokumen yang menyangkut kepentingan orang banyak.

“Wikileaks telah membantu publik dari apa yang dijamin oleh semangat undang-undang kebebasan informasi, tapi karena alasan politik tak bisa dipenuhi oleh pejabat publik yang berkuasa,” ungkap Nezar Patria, Ketua Umum AJI.

Di beberapa negara, seperti di Amerika Serikat dan China, para pengguna internet saat ini sudah tidak dapat lagi mengakses laman situs tersebut karena telah diblokir oleh pihak keamanan setempat.
Bahkan, beberapa pengelola situs internet, seperti EveryDNS.net dan Amazon.com juga telah mencabut Wikileaks dari layanannya.
Terkait hal ini, AJI juga sangat menyayangkan sikap beberapa negara yang mencoba menutup situs Wikileaks dan menangkap orang-orang pengelola situs tersebut.
AJI melihat bahwa aksi yang dilakukan terhadap Wikileaks adalah bentuk serangan atas kebebasan berbicara dan hak publik atas informasi, dan merupakan bentuk ancaman bagi semangat transparansi dan akuntabilitas yang menjadi salah satu pilar pemerintahan demokratis.
Sementara itu, mengenai kabar “bocornya” beberapa dokumen rahasia Indonesia di situs Wikileaks, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemen kominfo) hingga saat ini masih terus mempelajarinya.
“Kita masih pelajari dan sekarang masih dalam tahap pengumpulan. Ada sekitar 3.059 data tentang Indonesia dalam Wikileaks dan saya ditugaskan Menkopolhukam untuk memonitoring hal itu,” ucap Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring di Jakarta, Senin (13/12).

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36092

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Klik di sini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_______________________________________________

Supported by :