demo buruh

Di penghujung bulan Oktober, buruh akan menggelar aksi mogok nasional. Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi unjuk rasa secara nasional, yang melibatkan sekitar 3 juta buruh dari 20 provinsi di Indonesia.  Aksi ini sudah direncanakan untuk menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2014.

Presiden KSPI Said Iqbal menyatakan, demo akan diikuti oleh ratusan ribu perusahaan di 40 kawasan industri di Indonesia. Mereka akan menggelar aksi mogok selama 2 hari, dimulai sejak 31 Oktober – 1 November 2013. “Kami pastikan mogok nasional diikuti 3 juta buruh di 20 provinsi dan 150 Kabupaten/ Kota. Kami masih menuntut kenaikan upah sebesar 50 persen” paparnya.

Beberapa tuntutan yang akan disampaikan adalah menuntut kenaikan upah minimum 2014 sebesar 50 persen secara rata-rata nasional atau sebesar Rp 3,7 juta untuk provinsi DKI Jakarta. Menuntut perhitungan upah minimum menggunakan 84 item Kebutuhan Hidup Layak (KHL) atau menggunakan 60 item KHL maka kenaikan upah minimum mencapai 50 persen. Selain itu buruh juga meminta jaminan kesehatan seluruh rakyat per 1 Januari 2014 dan menghapus sistem alih daya atau outsourching.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59627

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

th_Alan180x180copy