Kristen Bauer (foto : usembassy..gov)Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) kembali mendukung dan memberi beasiswa kepada 36 anak Indonesia untuk menempuh studi pascasarjana di Amerika Serikat. Pada Selasa (23/7) kemarin, para penerima beasiswa turut hadir dalam acara buka puasa bersama dengan Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar AS Kristen Beuer di Jakarta.

Kristen mengungkapkan, kuliah pascasarjana di Amerika Serikat merupakan pengalaman yang unik dan berharga, sehingga bisa memperkaya pengetahuan para penerima beasiswa. “Saya merasa bangga dapat memberikan ucapan selamat kepada para penerima beasiswa” ucapnya.

Dari seluruh Indonesia ada 1.360 orang pendaftar, dan melalui seleksi ketat terpilihlah 36 orang. Pemilihan berdasarkan kinerja akademis, pengalaman profesional, dan dedikasi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat di Indonesia. Di Amerika nantinya para penerima beasiswa bisa mempelajari berbagai ilmu, seperti ekonomi, hukum, kebijakan publik, ilmu politik, administrasi publik, lingkungan, kesehatan dan pendidikan.

usaid-logo

“Kami tahu bahwa setelah meraih gelar master dan doktor, para penerima beasiswa akan kembali ke Indonesia untuk berkontribusi bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia,” katanya. Program beasiswa USAID di Indonesia membantu individu, organisasi, dan institusi untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan kapasitas guna mendukung keberlanjutan pembangunan di Indonesia.

Beasiswa tersebut terselenggara berkat dukungan rakyat Amerika dan disalurkan melalui tiga program beasiswa USAID: Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impact (PRESTASI), program senilai 25 juta dolar AS yang memberikan 30 beasiswa tahun ini; Educating and Equipping Tomorrow’s Justice Reformers (E2J), program yang memberikan beasiswa kepada pengacara dan lainnya di sektor peradilan; serta Konsorsium Pendidikan Guru AS – Indonesia yang memberikan pelatihan kepada tenaga pengajar.

Beasiswa serta program pendidikan AS lainnya merupakan bagian dari Kemitraan Komprehensif AS – Indonesia, komitmen yang dibuat oleh Presiden Barack Obama dan Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010 untuk meningkatkan kerjasama dan memperdalam hubungan antara kedua negara.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?57474

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Pacific-States