KabariNews – Bertempat di Pusat Kebudayaan Amerika @america, di Jakarta (10/12), Duta Besar Robert Blake bersama dengan USAID dan Coversation Internasional menggelar pemutaran perdana dan diskusi film ‘Guardians of Raja Ampat’ – Community Driven Conversation. Pada pemutaran film dokumenter tersebut, hadir beberapa tokoh masyarakat Bupati Raja Ampat Marcus Wanma dan sejumlah perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan, sektor pariwisata Raja Ampat dan beberapa LSM.

Guardians adalah sebuah film dokumenter yang mengisahkan kesuksesan upaya konservasi laut di Raja Ampat, Papua Barat yang dimotori oleh masyarakat dan didukung oleh Walton Family Foundation, USAID, dan Conservation International.

Dalam acara tersebut, Dubes Blake menyampaikan beberapa pesan dan harapannya terkait dengan pelestarian Raja Ampat. Menurut Blake, Indonesia pantas bersyukur karena diberikan bentangan alam yang elok dan sumber daya laut yang sangat besar. Dubes pun menegaskan, seluruh elemen masyarakat turut menjaga kawasan Raja Ampat agar tidak di rusak. Blake juga mendukung agar kasus pencurian ikan dihentikan. “Sangatlah penting bagi seluruh negara untuk menghentikan penangkapan ikan ilegal” paparnya.

Pemerintah Amerika sangat mendukung upaya pemerintah Indonesia termasuk Pemda Papua untuk melestarikan Raja Ampat. Melalui USAID, Pemerintah Amerika memberikan bantuan sebesar US$ 33 juta untuk program konservasi dan perlindungan keanekaragaman hayati laut Indonesia yang rencananya berlangsung hingga 2020.

Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Saat ini laut Raja Ampat menjadi tujuan utama bagi para penyelam dunia.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?73463

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Bisnis