Setelah sempat digeser Warren Buffet  tahun lalu, pemuncak daftar orang terkaya dunia selama 13 tahun berturut-turut, Bill Gates, kembali merebut posisi top sebagai orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Pemilik Microsoft Corp itu, menurut Forbes.com, memiliki nilai kekayaan 40 miliar dollar AS. Padahal tahun lalu dengan aset mencapai 58 miliar dollar AS, Bill  Gates hanya menduduki peringkat ketiga. Krisis keuangan Amerika dipercaya menjadi penyebab susutnya kekayaan Gates hingga  18 miliar AS.

Pada 2008, daftar peringkat 1.000 orang terkaya  di dunia yang  setiap tahun dirilis Forbes, dipuncaki oleh Warren Buffet dengan aset sebesar 62 miliar dollar AS. Sementara peringkat dua dihuni pengusaha telekomunikasi asal Meksiko, Carlos Slim Helu dengan nilai kekayaan 60 milliar dollar AS.

Turun Signifikan

Dibanding tahun sebelumnya, pada daftar orang terkaya se-dunia tahun 2009  yang baru dirilis Forbes pekan ini mengungkapkan,  nilai aset Top Three turun cukup signifikan. Selain Bill Gates yang ‘cuma’  memiliki 40 miliar dollar AS (susut 18 miliar dibanding tahun sebelumnya) di peringkat pertama, Warren Buffet dengan nilai aset 37 miliar dollar AS (susut 25 miliar) di peringkat kedua, serta Carlos Slim Helu dengan kekayaan 35 miliar dollar AS (susut 25 miliar) di peringkat ketiga.

Alasan penurunan aset mereka, diduga keras karena krisis finasial yang melanda Amerika sejak pertengahan 2008 lalu. Saham perusahan milik Warren Buffet, Berkshire Hathaway, bahkan merosot nilainya hampir 50 persen dalam 12 bulan terakhir.

Dari 1.000 orang terkaya yang masuk dalam daftar, Amerika mendominasi dengan menempatkan 400 jutawan. Ini berarti Amerika menguasai 40 persen daftar orang terkaya se-dunia.

Walikota New York, Michael Bloomberg, berada di posisi 17 dengan aset berjumlah 16 milliar dollar AS. Lalu juragan minyak asal Rusia, Roman Abramovich, yang juga pemilik klub elit liga Inggris, Chelsea, menempati posisi ke 51 dengan kekayaan 8,5 miliar dollar AS. Ada juga presenter top Oprah  Winfrey berada di urutan 234 dengan jumlah kekayaan 2,7 millar dollar AS.

Jutawan Indonesia

Dalam daftar tersebut tercatat lima nama pengusaha Indonesia. D

i urutan 430, dua Bos Grup Djarum, yakni Michael Hartono dan R. Budi Hartono, dengan aset masing-masing senilai 1,7 milliar dollar AS. Kemudian, pemilik Asian Agri, Sukanto Tanoto di urutan 450 dengan kekayaan 1,6 miliar dollar AS.

Lalu pada posisi 522 terdapat pemilik Wilmar Internasional,  Martua Sitorus yang memiliki kekayaan 1,4 miliar dollar AS.  Terakhir di peringkat 701 dengan kekayaan 1 miliar dollar, tercatat pemilik Rajawali Grup, Peter
Sondakh.

Dalam daftar tersebut, negara-negara  timur tengah  seperti Uni Emirat Arab, Kuwait,
dan  Saudi Arabia mendominasi daftar
orang kaya dari Asia. Sementara India,
yang pendapatan per kapitanya masih dibawah Indonesia, menempatkan 16 orang
jutawan. Salah satunya bahkan masuk top 50, yakni Anil
Ambhani dengan total aset berjumlah 10,1 milliar dollar AS. (sumber: Forbes.com)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?32784

Untuk melihat Berita Amerika / Amerika / National lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_________________________________________________________

Supported by :

Photobucket

<!–
/* Style Definitions */
p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal
{mso-style-parent:"";
margin:0in;
margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:12.0pt;
font-family:"Times New Roman";
mso-fareast-font-family:"Times New Roman";}
a:link, span.MsoHyperlink
{color:blue;
text-decoration:underline;
text-underline:single;}
a:visited, span.MsoHyperlinkFollowed
{color:purple;
text-decoration:underline;
text-underline:single;}
@page Section1
{size:8.5in 11.0in;
margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in;
mso-header-margin:.5in;
mso-footer-margin:.5in;
mso-paper-source:0;}
div.Section1
{