Kabari News – Keith Ellison puji Indonesia sebagai contoh hidup dimana Islam dan demokrasi dapat berjalan beriringan. “Banyak negara Arab yang diidentikan dengan Islam harus belajar banyak dari Indonesia” tutur Ellisson saat Dubes RI temui anggota Kongres AS yang beragam Islam, Keith Ellison di Capitol Hills.

Hal ini disampaikan anggota Kongres Muslim tersebut menanggapi penjelasan Duta besar RI terkait penyelenggaraan proses demokrasi di tanah air yang berlangsung aman, damai dan demokratis. “Pemilu di Indonesia merupakan Pemilu yang paling transparan di dunia, dimana seluruh rakyatnya dapat mengikuti dan mengawal proses Pemilu di Indonesia” jelas Dubes RI.

Dalam siaran pers embassyofindonesia.org, (24/7), Dubes RI dan Keith Ellison juga membahas fenomena Islamophobia masyarakat internasional termasuk di Amerika Serikat terhadap Islam. Dubes RI jelaskan Indonesia merupakan contoh dimana mayoritas Muslim di Indonesia adalah moderat dan tidak identik dengan kekerasan. Jika terdapat segelintir dan kelompok tertentu yang melakukan aksi kekerasan merupakan sebuah pengecualian.

“Benih radikalisme dan ektrimisme ada di setiap kelompok agam dan ideologi tertentu dan tidak ada kaitannya dengan nilai ajaran tertentu termasuk Islam” kata Ellison. Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Dubes RI juga membahas perkembangan di Gaza dan perundingan nuklir Iran. Dubes RI mengapresiasi posisi Keith Ellison yang bersikap seimbang dalam menyikapi perkembangan di Gaza.

Selain itu, Dubes RI juga menghargai posisi Keith Ellison yang memberikan ruang diplomasi bagi administrasi Obama untuk melakukan negosiasi terkait dengan nuklir Iran. “Saya sangat menghargai sikap dan posisi anda yang adil dan berimbang terkait isu Palestina dan Iran serta berbeda dengan mayoritas anggota Kongres AS lainnya” pungkas Dubes RI.

Keith Allison merupakan salah satu dari 27 anggota Kaukus Indonesia di Kongres AS yang menjadi bagian dari upaya memperjuangkan kepentingan Indonesia di Amerika Serikat khususnya yang terkait dengan parlemen AS. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?68409

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

intero