AriahMeski HUT DKI Jakarta yang jatuh pada 22 Juni telah lewat, namun kemeriahan hari jadi Kota Jakarta ke 486 terus digelar. ‘Ariah’ sebuah pagelaran musikal tari kolosal bernuansa Betawi, akan turut memeriahkan pesta rakyat Jakarta. Tari kolosal ini berkisah tentang sosok Ariah yang merupakan pejuang perempuan dalam pemberontakan Tambun pada tahun 1869, dimana kala itu terjadi pemberontakan petani Tambun pada penindasan kolonial

Pagelaran seni yang digagas oleh Matah Ati akan berlangsung selama 3 hari, dimulai dari 28-30 Juni 2013. Acara ini akan berlangsung di sisi selatan Monas pukul 19.00 WIB yang akan melibatkan sekitar 200 penari yang sebelumnya telah melewati proses audisi di seluruh Indonesia. Audisi penari sengaja dilakukan di seluruh Indonesia agar menjadi sebuah simbol, bahwa Jakarta memiliki keberagaman penduduk dari seluruh penjuru Indonesia.

Selain melibatkan 200 penari, Atilah Soeryadjaya selaku penulis naskah dan sutradara juga menggandeng rekan kerja solidnya yaitu Jay Subiakto sebagai penata artistik dan Erwin Gutawa sebagai penata musik.

Erwin Gutawa berperan memimpin 100 musisi orkestra. Pada pertunjukan kali ini Erwin tidak hanya membawa alat musik modern, tapi ia juga memasukkan unsur tradisional Betawi seperti rebana biang, rebab, gamelan ajeng dan gambang kromong.

maket panggung ariahJay Subiakto juga menyiapkan panggung megah berukuran 72 x 48 meter, dimana di panggung itu ‘Ariah’ akan dipentaskan. Lebih mewahnya lagi panggung dibuat dengan tiga level yang ketinggiannya mencapai 3,7 meter dan 10 meter. Tiga level panggung itu merupakan sebuah simbol Monas yang terdiri dari cawan, tugu dan emas. Beberapa bidang panggung pun akan dibuat miring dengan sudut 15, 20, dan 35 derajat yang memiliki arti dari Monas dan pembangunan Kota Jakarta.

Untuk pagelaran memeriahkan HUT DKI ini pemerintah DKI telah menyiapkan 15 ribu tiket. 10 ribu tiket akan dibagikan secara gratis ke kampung-kampung, sementara 5 ribu tiket akan dijual dengan maksud agar seluruh kalangan dapat menyaksikan pagelaran akbar tersebut.

Diperkirakan selain warga Jakarta dari berbagai golongan, akan hadir pula para pejabat dan artis Ibu Kota untuk menyaksikan pagelaran seni akbar ini. Dijadwalkan mantan presiden Megawati Soekarno Putri juga akan hadir untuk menyaksikan pagelaran musikal Ariah.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56859

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

dr.andriani