KabariNews – Seizing Opportunities Within Harmony menjadi tema dalam AYCIF 2015 diselenggarakan di Indonesia. Diharapkan, semangat generasi muda ASEAN dan Jepang kian bergairah di bidang industri kreatif: fashion, desain produk dan kerajinan tangan, film dan animasi serta games. Kelak, ASEAN dan Jepang siap menjadi pelaku ketika MEA berlaku.

Indonesia menjadi tuan rumah pertama dalam acara regional ASEAN Youth Creative Industry Fair (AYCIF) 2015. Didukung oleh Japan ASEAN Integration Fund (JAIF), ASEAN, Kementerian Koperasi& UKM RI dan UKM Center FE-UI (Fakultas Ekonomi-Universitas Indonesia), acara ini untuk memacu semangat generasi muda di negara-negara sahabat ASEAN dan Jepang di bidang industry kreatif: fashion, desain produk dan kerajinan tangan, film dan animasi serta games.

Gagasan penyelenggaraan acara ini didasarkan pada pemberlakuan pasar bebas di ASEAN yang dikenal sebagai MEA, Masyarakat Ekonomi ASEAN. Diharapkan, ASEAN dan Jepang dapat tumbuh dan berkembang menjadi kawasan perdagangan barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil dan aliran modal yang lebih bebas dalam keharmonisan. Untuk itulah, AYCIF 2015 mengusung tema ‘Seizing Opportunities Within Harmony’.

Dalam sambutannya pada peresmian AYCIF 2015 di Epiwalk, Kuningan Jakarta (24/2), Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Meliadi Sembiring, mengatakan, industry kreatif yang berbasis human capital ini telah melahirkan banyak inovasi yang sangat potensial dikemas dan dikembangkan dalam konsep bisnis. Dalam perjalanannya,industry kreatif telah terbukti mampu menggerakkan perekonomian negara.

“Pada tahun 2008, tercatat industry ini menyerap 7,39 juta tenaga kerja, dengan kontribusi sebesar 10,59 persen dari total ekspor nasional Indonesia. Potensi industry kreatif sedemikian signifikan, sehingga diperhitungkan sebagai salah satu penggerak perekonomian di masa depan,” paparnya.

Sementara itu Kepala UKM Center FEUI sebagai pelaksana AYCIF 2015, Eugenia Mardanugraha, mengundang seluruh generasi muda Indonesia untuk mengikuti acara ini agar dapat saling menginspirasi dan mengembangkan potensi diri dalam industri kreatif. “AYCIF bercita-cita untuk mewujudkan hamoni dan kerjasama dalam melihat peluang yangada. Kedepan, ASEAN dapat menjadi salah satu kawasan terdepan di dunia dalam sektor industri kreatif” ungkapnya.

Project Director AYCIF 2015, Gilang Ageng, menjelaskan secara resmi pendaftaran untuk kompetisi kreatif dimulai pada 24 Februari dan ditutup pada 31 Mei 2015. Untuk itu diundang para pemuda dari seluruh negara anggota ASEAN dan Jepang mendaftarkan karya orisinal mereka di 4 sub sektor industri kreatif : fashion, desain produk dan kerajinan tangan, film dan animasi serta games.

Sesi penjurian akan dilakukan oleh tim juri dan dilaksanakan pada Juni 2015 untuk menentukan 17 finalis dari masing-masing sub sektor tersebut. Adapun yang akan dinilai diantaranya produk kreatif dari segi orisinalitas dan nilai kekiniannya yang berpotensi menjadi identitas bisnis di masa depan. Para finalis yang diharapkan menjadi pelaku usaha di masa depan ini akan diundang ke Jakarta pada acara puncak AYCIF pada 29 -30 Agustus 2015 di Kota Tua, Jakarta.

Acara puncak AYCIF tersebut dikemas dalam sejumlah kegiatan diantaranya kompetisi, pameran, seminar dan workshop serta bazar kreatif karya para pelaku industri kreatif seluruh anggota ASEAN dan Jepang. Diharapkan, dari acara tersebut, generasi muda dapat berdiskusi, berjejaring dan memaparkan karyanya ke khalayak umum dan pelaku industri kreatif, praktisi bisnis, ahli dan pengamat di 4 sub sektor dari negara anggota ASEAN dan Jepang

Anda memiliki talenta dan juga minat yang tinggi pada industri kreatif di bidang fashion, desain produk dan kerajinan tangan, film dan animasi atau games?

Daftarkan segera karya Anda, cukup dengan klik www.aseancreativeyouth.org . Dapatkan informasi lebih lanjut melalui twitter :ASEAN_YCIF, Facebook : ASEAN YOUTH CREATIVE INDUSTRI FAIR, Instagram : ASEAN CREATIVE YOUTH dan email : info@aseancreativeyouth.org

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/75106

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Bisnis

 

 

 

 

kabari store pic 1