Buah Kelengkeng merupakan salah satu buah tropis yang jadi primadona dan digemari oleh para pecinta buah–buahan. Tak hanya karena buahnya yang memiliki banyak air dan bertekstur empuk, tetapi juga karena rasanya yang manis, menjadikan buah asal Asia – Tenggara ini ditunggu – tunggu setiap kali musim berbuah. Selain enak dimakan begitu saja, agar tidak bosan, Anda bisa bereksperimen dalam mengolah buah kelengkeng menjadi suatu sajian yang bisa jadi salah satu dalam daftar makanan favorit anda dan keluarga.

Sekalipun Musim Penghujan di Indonesia dan Musim gugur di Amerika tidaklah menjadi penghalang bagi siapa saja yang ingin menikmati hidangan pencuci mulut yang satu ini, Asinan buah Kelengkeng. Rasa manis, asin, asam dan juga pedas menyatu dalam kenikmatan Asinan Kelengkeng. Asinan ini nikmat disajikan dalam suhu ruangan maupun dalam keadaan dingin. Mau yang bekuah banyak maupun agak kering, Asinan buah Kelengkeng tetap lezat untuk dicoba. Berikut bahan dan cara membuat asinan kelengkeng :

Asinan Buah Kelengkeng

Bahan:

  • 250 gram buah kelengkeng, kupas, buang bijinya.
  • 500 ml air
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 3-4 sendok makan air jeruk kalamansi (bisa diganti jeruk nipis, lemon, ataupun limo)
  • 5-6 cabai merah (sesuai selera)
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuatnya:

  1. Siapkan mangkuk berukuran sedang, masukkan air dan gula. Aduk hingga gula larut.
  2. Ulek kasar cabai merah dan garam. Tambahkan ke dalam air gula.
  3. Masukkan buah Kelengkeng dan air perasan jeruk ke dalam campuran air gula. Koreksi rasa sesuai selera Anda.
  4. Simpan ke dalam lemari es, jika suka penyajian dingin diamkan selama 1-2 jam.
  5. Siap untuk dinikmati.

Tips:

Jika sulit mendapatkan buah, Anda bisa memanfaatkan kelengkeng kemasan atau kalengan yang tersedia di supermarket. Biasanya, buah Kelengkeng kalengan dikemas dalam air sirup. Nah, jika Anda ingin menggunakan air sirupnya, maka tidak perlu lagi membuat campuran air gula seperti resep diatas. Anda bisa tinggal menyesuaikan rasanya sesuai dengan selera yang dikehendaki. (Kabari1002)