Lemas, pusing, kunang-kunang, wajah pucat adalah gejala anemia atau kurang darah. Gejala tersebut pastinya pernah dialami mereka yang terlalu sibuk sampai kurang memikirkan pentingnya asupan gizi yang berguna untuk meningkatkan stamina. Kurang tidur, stres, terlalu lelah bisa menjadi faktor munculnya anemia.  Jumlah darah yang normal sangat penting untuk menjaga stamina tubuh agar tetap bugar, maka konsumsilah makanan bergizi yang dapat meningkatkan sel-sel darah dalam tubuh.

Asupan bergizi apa saja yang bisa meningkatkan jumlah darah? Berikut ini ada lima asupan yang bisa mengatasi anemia :

Daun bit

Buah, daun dan akar bir sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan zat besi dan proteinnya sangat diperlukan tubuh karena dapat meningkatkan sel-sel darah, juga memperlancar aliran darah sekaligus bisa menjadi pembersih racun alami. Daunnya mengandung vitamin A, sedangkan akarnya merupakan sumber yang baik untuk vitamin C.

Sayuran hijau

Sayur-sayuran hijau seperti bayam seledri, brokoli, kubis, kangkung, selada sangat sehat dikonsumsi, sayuran tersebut bisa mengontrol berat badan dan juga meningkatkan jumlah darah, selain itu sangat baik untuk memperlancar pencernaan.

Zat besi

Zat besi merupakan mineral yang penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu saja, zat ini juga dapat menguatkan tulang dan menjadi sumber pasokan okesigen yang baik untuk sistemnya. Zat besi dapat diperoleh dari daging merah, asparagus, kurma, almond, tiram, kentang dan kismis.

Almond

Kacang ini sangat kaya akan zat besi dan dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Satu ons almond perhari memberikan 6 persen dari kebutuhan zat besi harian manusia.

Buah-buahan

Penderita anemia disarankan untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayuran hijau. Makanan ini tidak hanya bergizi, tapi juga efektif dalam meningkatkan jumlah darah dalam meningkatkan jumlah darah dalam tubuh. Makanlah semangka, apel, anggur, kismis dan pulm untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh.
Banyak keuntungan makan makanan bergizi karena selain menyehatkan juga dapat meningkatkan jumlah darah yang rendah dan menguatkan kekebalan tubuh.