KabariNews – Peran dan kontribusi seorang ibu dalam keluarga sangat besar. Termasuk mendidik anak-anak agar menjadi orang yang berhasil. “Peran ibu di rumah sangat banyak sehingga anak harus dididik untuk tidak manja karena di era saya dengan era sekarang itu berbeda, di era saya hidup susah, tantangannya banyak. Kalau sekarang semuanya ada, jadi anak-anak kita jadi nggak mandiri kan. Nah itu kecenderungannya ketika dia kerja itu nggak mandiri, atau nggak enak sedikit pindah kerja, nggak enak sedikit mereka putus asa,” ujar Aviliani dalam sebuah diskusi bertrajuk ‘Ibu Hebat Indonesia Kuat’ di gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2016).

Lanjut Aviliani, anak-anak perlu pendidikan militer agar mentalnya kuat. “Makanya perlu pendidikan militer supaya anak itu mentalnya kuat. Banyak orangtua sekarang memanjakan anak-anak mereka.  Harapan saya ke depan orangtua harus ada rasa tega dalam tanda kutip, karena sudah banyak pengalaman yang orangtuanya memanjakan itu kebanyakan nggak berhasil , supaya berhasil contohlah orangtua kita saat mendidik kita tapi disesuaikan dengan situasi sekarang,” tegasnya.

Berkaca dari pengalaman pribadinya, wanita yang pernah memandu acara Dialogue Metro TV ini mengatakan ketika tertekan maka orang akan ingin berhasil.

“Saya kebetulan tidak tinggal sama orangtua, ikut sama tante jadi terpaksa harus momong anak harus bisa mandiri gitu yah akhirnya terbentuk, dan saya bersyukurnya setelah jadi orang. ‘mungkin kalau saya nggak gini dulu, aku mungkin nggak akan jadi orang’ aku bersyukur dengan semua itu. Contoh salah satu didikan dulu itu kalau PR-nya belum benar itu kita nggak boleh tidur sampai malam,” tutupnya. (Maria/foto : Maria)