KabariNews – Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri dengan rasa asam dan manis. Di beberapa negara yoghurt dikenal dengan nama berbeda-beda, misalnya Zabady (Mesir, Sudan), Cieddu (Italia), Dahee (India), Jugurt (Turki), dan Filmjolk (Skandinavia). Dalam yoghurt biasanya terdapat 2 jenis probiotik yakni lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus.

Yoghurt selain baik untuk kesehatan, juga aman untuk dikonsumsi. Ada yoghurt berjenis plain yoghurt atau yoghurt putih yang memiliki rasa asli tanpa ditambahkan rasa. Ada juga yang ditambahkan rasa buah agar lebih nikmat, seperti strawberry, blueberry atau jeruk. Konon yoghurt dapat memperpanjang umur. Sebuah penelitian oleh Elie Metchnikoff , ilmuwan Rusia penerima nobel biologi/fisiologi kedokteran tahun 1908, menyatakan konsumsi yoghurt akan meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Diduga, inilah yang membuat kesehatan prima, plus panjang umur.

Manfaat yoghurt antara lain:

1. Melancarkan dan menyehatkan pencernaan.

Berdasarkan hasil penelitian, yoghurt dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, kanker saluran pencernaan atau maag. Yoghurt juga dapat melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan lambung. Suatu penelitian menyatakan bakteri actobacillus ini terbukti dapat membunuh bakteri E. coli.

2. Mencegah osteoporosis

Yoghurt berbahan dasar susu, sehingga mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.

3. Menurunkan kolesterol darah

Ada penelitian pada beberapa orang yang mengkonsumi yoghurt secara teratur mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah.

4. Mengurangi resiko terjadinya infeksi pada vagina

Wanita yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur pada daerah vagina.

5. Lebih mengenyangkan

Kandungan kalori yang terdapat dalam yoghurt menjadikan yoghurt makanan yang cukup mengenyangkan karena bentuknya lebih kental dan padat.

6. Lebih bergizi dan rendah kalori.

Yoghurt memiliki gizi yang lebih tinggi dibanding susu segar. Kandungan lemaknya pun lebih rendah, sehingga cocok bagi mereka yang sedang menjalankan diet rendah kalori.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Meminum yoghurt secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sudahkah Anda minum yoghurt hari ini? (chika/dari berbagai sumber)