KabariNews – Tim SAR gabungan berhasil menemukan body pesawat dengan dimensi sekitar 30x10x3 meter. Ketika ditemukan 1 wing pesawat masih menempel dengan bodynya. Dengan penemuan ini maka dapat dikonfirmasi bahwa objek no 15 yang sebelumnya dicurigai sebagai bagian dari pesawat Air Asia QZ 8501 adalah benar adanya. Alat ROV dari RSS Swift milik Singapura berhasil menemukan dan mengambil gambar dari objek tersebut.

“Sudah jelas ini memang body pesawat atau fuselage, saya terima pukul 15.05 WIB, ada tulisan now every,” tegas Kabasarnas Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo dalam keterangan pers nya Rabu (14/11). Lokasi penemuan badan pesawat berada di 3000 meter dari titik penemuan ekor pesawat atau sekitar 800 meter dari ditemukannya VDR (Voice Data Recorder).

Penyelaman sudah tidak mungkin dilanjutkan pada hari ini karena keterbatasan jarak pandang. Ditegaskan kembali oleh Soelistyo bahwa penyelam akan kembali diturunkan besok pagi dengan prioritas mencari korban. Kemungkinan korban berada di sekitar area penemuan atau masih terjebak di badan pesawat. Apabila penyelam mengalami kesulitan maka langkah selanjutnya dilakukan pengangkatan badan pesawat. Dijelaskan oleh Kabasarnas bahwa teknis pengangkatan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Sementara itu, hari ini kembali ditemukan 2 jenasah oleh nelayan setempat. Kedua jenasah itu berada di sektor 5 area pencarian. Nelayan yang menemukan korban kemudian menyerahkan kepada Polsek di Pulau Sembilan, Kabupaten Kota Baru. “Saya hari ini menyampaikan total jenasah menjadi 50,” ungkap Kabasarnas. Rencananya besok pagi jenasah akan dievakuasi oleh unsur udara dan dibawa menuju landasan terdekat.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/74192

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2