KabariNews – Siapa yang tak ingin punya bisnis sendiri? Tak dimarahi bos, kerja sesuai  keinginan, dan untung rugi ditanggung sendiri. Meminjam kalimat pakar entrepeunership Ir.Ciputra bahwa Indonesia akan menjadi negara maju jika minimal 20 persen penduduknya membuka wirausaha sendiri, maka tak salah jika kita mencoba berwirausaha dari sekarang. Siapa tahu kita bisa menghasilkan devisa buat negara.

Berbisnis sebetulnya bisa dilakukan di manapun. Baik di dalam maupun di luar negeri seperti Amerika. Amerika? Ya betul, Anda bisa berbisnis di Amerika. Meski bukan warga negara Amerika, jika niat sudah bulat, Anda bisa berinvestasi atau membuka bisnis di Amerika.

Tapi ingat, semuanya bisa berjalan jika Anda mengikuti aturan mainnya. Bukan cuma itu, Anda juga harus tahu ‘ilmunya’. Nah bagaimana sih kalau kita mau berbisnis di Amerika?

Di sini sedikit banyak kami akan share bagaimana tips dan trik berbisnis di Amerika. Anda harus mengetahui sistem zoning usaha yang diberlakukan di Amerika. Sistem ini bertujuan untuk memetakan berbagai usaha bisnis agar merata sesuai peruntukan wilayah atau lahan.

Jangan sampai Anda melanggar sistem zoning ini, bisa-bisa bisnis Anda dibekukan oleh pemerintah negara setempat karena tidak sesuai dengan peruntukan lahan. Kami memberi contoh dengan memakai kota San Francisco. Kebanyakan kota di Amerika hampir sama dengan peraturan dengan kota San Francisco untuk membuka bisnis. Selain New York, kota ini kerap menjadi rujukan bagi-bagi pengusaha yang ingin membuka bisnis di Amerika.

Beberapa persyaratan yang tak kalah penting adalah melakukan berbagai administrasi pendaftaran usaha Anda. Usaha Anda, apapun bentuk dan jenisnya wajib didaftarkan ke lembaga pemerintah setempat yang berwenang.  Kelengkapan administrasi pendaftaran ini juga untuk mengurus persoalan pajak.

Anda juga harus mengerti betul soal pajak. Karena bayar pajak merupakan kewajiban yang tak bisa ditawar-tawar. Kalau Anda mangkir bayar pajak, bukan saja kena denda, tapi juga diancam kurungan penjara.

Bahkan jika ingin diurai secara satu persatu, ada juga berbagai istilah yang Anda harus mengerti. Tapi jangan khawatir, jika Anda pahami semuanya secara baik dan benar, membuka bisnis di Amerika tidaklah sulit.

Yang tak kalah penting, Anda juga perlu memiliki guidance dari orang-orang yang bepengalaman dan profesional, misalnya pengacara untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai masalah saat Anda memulai buka usaha.

Selamat mencoba!