KabariNews – Costco terus menjadi salah satu dari beberapa perusahaan eceran yang melaporkan penjualan setiap bulannya.

Metrik ini mungkin memang nampaknya penting. Tentu saja, bagi para pedagang ritel, tetapi tidak dalam kasus Costco. Klub gudang ini bisa dibilang menghasilkan semua profitnya dari ongkos membership. Karena itu, metrik terpenting bagi perusahaan ini adalah tarif pembaharuan dan pertumbuhan membership.

Costco menggunakan harga rendah sebagai cara untuk memikat orang-orang agar membayar $55 untuk membership dasar atau $110 untuk membership eksekutif, yang bisa memberikan mereka 2% uang kembali dalam pembelian dengan persyaratan hingga mereka mendapatkan $750 kembali. Biaya-biaya itu akan meningkat sampai $60 dan $120, secara berurutan, pada tanggal 1 Juni, menjadikan perusahaan ini menghasilkan uang lebih banyak lagi.

Ongkos membership pada dasarnya memang laba murni karena mereka memiliki harga pokok yang sangat rendah. Selain biaya mencetak kartu dan, dalam beberapa kasus, sedikit bantuan dari agen layanan pelanggan, mereka tidak memerlukan biaya apapun dari perusahaan. Hasilnya $55 atau $110 yang terkumpul menjadi dorongan ke garis dasar.

Berapa banyak hasil yang dibuat Costco?

 Melalui dua kuartil dari fiskalnya pada tahun 2017, Costco telah melaporkan $1,06 miliar pemasukan (laba). Angka tersebut nyatanya sedikit lebih kecil dibanding $1,26 miliar yang mereka dapatkan dari ongkos membership.

Jika Anda perhatikan penjualan perusahaan ini, mereka membawa masuk $56.59 miliar penjualan net dengan biaya barang dagangan sebesar $50,21 miliar dan pengeluaran penjualan sebesar $5,92 miliar. Itu merupakan kerugian kecil saat membicarakan tentang mendagangkan barang-barang, tapi itu bukanlah masalah karena klab gudang ini menggunakan alat-alat yang mereka jualkan untuk mendorong membership, dan secara tidak langsung mendorong jumlah pemasukan.

Costco menjual barang-barang dan jasa-jasanya dengan kenaikan harga yang sangat rendah untuk mengundang orang-orang untuk bergabung. Ini telah menjadi strategi yang sukses karena perusahaan tersebut telah menjaga tarif pembaharuan yang kuat sambil pelan-pelan menumbuhkan basis penggunanya.

Berapa besar basis membership Costco?

 Costco dengan stabil berdiam di sekitar tarif pembaharuan 90% di seluruh dunia dan juga telah menunjukkan peningkatan yang konsisten dalam jumlah anggota. Perusahaan ini telah menyelesaikan kuartil kedua dengan 37,5 juta anggota Gold Star, peningkatan dari 37,2 juta pada akhir kuartil pertama. Mereka juga menambahkan 100.000 anggota bisnis, namun kehilangan 100.000 anggota bisnis tambahan, yang, saat pemasukan kuartil kedua berlangsung, perusahaan atribusikan kepada para pelanggan tersebut yang mendapatkan membership mereka masing-masing. Total perhitungan, catat Kepala Pejabat Keuangan Richard Galanti, meninggi hingga 48,3 juta dari 47,9 juta pada kuartil pertama.

“Total pemegang kartu adalah 88,1 juta pada akhir kuartil kedua, meningkat dari 87,3 juta 12 minggu sebelumnya,” ucap Galanti, menurut transkrip Seeking Alpha mengenai panggilannya (diperlukan registrasi). “Pada akhir kuartil kedua, membership eksekutif kami yang telah dibayar berdiri pada jumlah 17,9 juta, yang merupakan sebuah peningkatan yang berkisar 200.000 dari 12 minggu sebelumnya, atau sekitar tambahan 17.000 per minggu.”

Berjalan dengan stabil

Costco tengah mengembangkan harga membership mereka pada bulan Juni 2017, tapi peningkatan tersebut akan membutuhkan dua tahun penuh untuk benar-benar mencapai garis dasar. Terlebih, perusahaan ini telah secara turun-temurun menaruh banyak, jika bukan semua, dari pemasukan yang mereka hasilkan dari peningkatan ongkos membership ke penurunan harga.

Klab gudang ini memiliki model di mana mereka menjual barang-barang kepada pelanggan pada harga pokok plus harga umum dengan imbalan agar mereka membayar ongkos membership. Itu adalah kesepakatan yang sangat menarik untuk para konsumen dan perusahaan itu tersendiri. Itu juga menciptakan hubungan yang loyal di mana pembeli tahu ia akan mendapatkan harga yang baik, yang kemudian mengantarnya untuk memperbaharui tak peduli betapa banyak atau betapa sedikit membership itu digunakan.

Itu juga merupakan sebuah model yang menjaga Costco dari pedagang eceran di internet yang telah menekan banyak rival pedagang eceran lainnya. Bahkan Amazon tidak mampu untuk menjual pada marjin yang Costco jual, dan program membershipnya pun, Prime, memiliki biaya pengiriman serta video premium yang signifikan. Model Costco mungkin membatasi kemampuannya untuk mendapatkan kuartil breakout, tapi itu merupakan sistem yang berjalan dengan stabil yang dapat menguntungkan untuk waktu panjang yang akan datang.