Sifat energi minyak yang takterbarukan memang layak membuat kita ketar-ketir. Cadangan minyak bumi perlahantapi pasti akan habis tersedot. Kalauitu terjadi sementara sumber energi alternatif belum juga ditemukan dan digunakansecara masal, bagaimana jadinya dunia ini?

Krisis energi saat ini bukan lagiberada di tahap siap-siap, tapi sudah masuk tahap sangat serius. Mulai darisekarang harus segera dikembangkan energi alternative, dunia keilmuan harusterus dipacu untuk terus mencari, meneliti dan menemukan sumber energi alternatifyang murah, mudah dan terbarukan.

 
Beberapa tahun belakangan berkembangteknologi biofuel sebagai pengganti BBM. Teknologi ini berbasis nabati, yaknidari biji-bijian dan tumbuhan. Biji-bijian atau tumbuhan ini dikonversi menjaditetes-tetes minyak yang dapat menggerakkan sebuah mesin. Di Eropa dan Amerikateknologi biofuel sudah berkembang pesat meski belum memasyarakat. Sayangnya adakeragu-raguan dibalik pengembangan teknologi ini, yakni semakin menyusutnyalahan pertanian untuk kebutuhan pangan karena telah banyak diinstensifikasimenjadi lahan biofuel. Konon ini menjadi salah satu pemicu krisis pangan yangjuga tengah melanda dunia.

 
Lalu sumber energi alternatif apayang paling mungkin dikembangkan saat ini? Berbagai penelitian sudah dilakukantermasuk energi air. Para ahli peneliti yang mengembangkanenergi air percaya, bahwa suatu saat kelak air dapat menjadi sumber energipengganti BBM.

Bagaimana mungkin? Di situs www.h2earth.org disebutkan, air dapatdigunakan pada mesin internal combustion engine (ICE) atau turbin danmengolahnya menjadi bahan bakar langsung tanpa perlu terkompresi. Cara ini bisadilakukan dengan satu langkah  mudah,yakni menambahkan satu alat kecil eletrik yang disuplai dari tenaga kendaraan. Padadasarnya ini adalah sebuah skema sederhana paling awal dalam mengembangkanbahan bakar hidrogen.(yayat)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31304

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket