Jakarta, KabariNews.comKementerian Luar Negeri kembali menggelar acara Bandung Spirit Program dalam rangka meningkatkan kerjasama negara-negara di Benua Afrika dan Asia.

Berdasarkan siaran pers Kementerian Luar Negeri yang diterima redaksi KabariNews.com, Kamis (10/03), program yang akan digelar pada tanggal 15 hingga 23 Maret 2011 tersebut akan melibatkan 15 negara di Pasifik, yakni Cook Islands, Fiji, Kiribati, Marshall Islands, Micronesia, Nauru, Niue, Palau, Papua New Guinea, Samoa, Solomon Islands, Timor Leste, Tonga, Tuvalu, Vanuatu.

Program ini rencananya akan berlangsung tiga kota di Tanah Air, yaitu: Manado, Bandung dan Jakarta.

Berikut ini isi siaran pers tersebut: 

Dalam upaya meningkatkan hubungan Indonesia dengan negara-negara di kawasan Pasifik, Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan kembali Bandung Spirit Program pada 15 – 23 Maret 2011 untuk 15 negara di Pasifik, yaitu: 

“Semangat Bandung“ atau “Bandung Spirit” tercetus pada Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama di Bandung tahun 1955. Konferensi ini telah menghasilkan suatu fondasi yang solid bagi terciptanya kerjasama antara benua Asia dan Afrika, melalui prinsip-prinsip yang tertuang dalam Dasasila Bandung. Penggeloraan Semangat Bandung tersebut tidak terbatas hanya dalam konteks negara-negara Asia Afrika, namun juga dengan negara-negara di Pasifik. Hal ini sejalan dengan “Look East Policy” Indonesia yang intinya untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan negara-negara Pasifik.

Bandung Spirit Program dengan negara-negara Pasifik telah dilaksanakan dua kali, yaitu pada tahun 2007 dan 2009. Pada tahun 2007 Bandung Spirit Program menyajikan kemajuan di bidang pertanian dan perikanan serta peran Indonesia dalam isu perubahan iklim, pada tahun 2009 isu demokratisasi, maka untuk tahun 2011 substansi program direncanakan akan menampilkan aspek-aspek penanganan bencana alam.

Sebagai bagian dari kegiatan, delegasi yang terdiri dari para pejabat pemerintah negara-negara Pasifik tersebut diagendakan untuk dilibatkan sebagai obsever dalam Field Training Exercise(FTx) dan Table Top Exercise (TTx) dari ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF DiREx) 2011 di Manado. Delegasi kemudian akan melakukan kunjungan ke beberapa Kementerian dan Instansi terkait, antara lain: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kementerian Perhubungan (Kemhub), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ASEAN Humanitarian Assistance (AHA) Centre, dan Gabungan Pengusaha Perikanan Indonesia (Gappindo) di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta akan melakukan exchange of views dengan para narasumber yang kompeten dalam upaya peningkatan kerjasama kawasan Asia Pasifik, baik dalam area penanganan bencana dan tanggap darurat, maupun dalam berbagai bidang lain yang feasibledi masa mendatang.

Bandung Spirit Program with Pacific Countries 2011 on Disaster Relief ini diharapkan dapat mempererat jejaring pejabat pembuat keputusan di negara-negara Pasifik dan menjajaki peluang kerjasama, khususnya menyangkut penanganan bencana dan tanggap darurat.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/36460

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :