KabariNews – Industri perbankan China berhasil meraih posisi pertama di antara tiga negara besar dengan keuntungan perbankan paling besar.

Bank di Cina berhasil mengalahkan Amerika Serikat dan Eropa sejak krisis ekonomi pecah beberapa tahun ini.

Semester pertama tahun 2012, keuntungan perbankan China mencapai 29% dari total keuntungan perbankan global. Porsi ini meningkat tajam jika dibanding posisi lima tahun lalu. Pada  tahun 2007, porsi keuntungan China hanya 4%.

Sebaliknya, dalam periode yang sama, kawasan yang dilanda krisis yakni Eropa, keuntungan industri perbankannya jatuh dari 46% menjadi hanya 6%.

Di sini, Industrial Commercial Bank of China (ICBC) menjadi bank yang paling besar mencetak untung. Keuntungan sebelum pajak bank ini mencapai US$ 43,3 miliar. Kemudian disusul China Construction Bank US$ 34,8 miliar, Bank of China US$ 26,8 miliar.

Bank asal Amerika Serikat (AS) yakni JP Morgan harus puas di urutan keempat. Paparan ini diperoleh dari hasil survei majalah The Banker terhadap 1.000 bank yang ada di dunia.

“China diuntungkan oleh permasalahan Eropa,” ujar Brian Caplen, editor The banker yang menyatakan keuntungan yang digenggam China hanya sekadar mimpi bagi Eropa.

Krisis zona euro membuktikan betapa rapuhnya perbankan kawasan mata uang tunggal tersebut. Tercatat, 25 bank yang ada di Eropa, hanya 1 yang berhasil mencatat kinerja apik. Selebihnya? tepar dihajar permasalahan keuangan.