Bahan Bakar Minyak (BBM) harganya sudah naik, masyarakat di desa harus memutar otak agar mendapatkan energi bahan bakar alternatif yang aman, dan murah meriah. Bahan Bakar Hewan (BBH) adalah salah satunya, bukan hewan yang dijadikan bahan bakarnya, tapi kotoran hewan (sapi,domba) yang dijadikan sumber energi alternatif . Energi alternatif ini dikenal dengan nama Biogas.

Warga desa yang biasanya memiliki hewan ternak yang cukup banyak biasanya kotoran hewannya dijadikan pupuk kandang atau untuk hal yang lainnya, tapi sekarang kotoran hewan ternak mereka dapat dijadikan energi alternatif dengan cara :

Kotoran hewan biasanya di alirkan ke wadah penampungan, wadah ini juga dimaksudkan untuk memfermentasi kotoran hewan dengan cara pencampuran kotoran hewan padat dengan air. Wadah penampungan ini biasanya terbuat secara permanen dan tertutup rapat, agar dapat menampung gas yang keluar dari kotoran hewan tersebut. Pada wadah ini terdapat juga wadah yang terhubung jadi satu dengan wadah yang menampung gas hasil fermentasi, tujuannya agar gas yang keluar dari kotoran hewan mengalir ke wadah penampungan gas. Wadah penampungan gas ini tidak boleh bocor sedikit pun dan gas yang terkumpul dapat dijadikan bahan bakar alternatif yang biasanya di alirkan kerumah warga dengan cara melalui selang-selang yang terhubung ke rumah warga.

Bahan bakar yang aman dan murah ini mereka dapat melepaskan diri dari ketergantungan bahan bakar minyak yang mahal atau kayu bakar.(arip/foto:www.baliprov.go.id)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31408

Mohon Beri Nilai dan Komentar dibawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Intero Real Estate

Lebih dari 1 juta rumah di Amerika

Klik www.InteroSF.com atau telpon sekarang 1-800 281 6175