KabariNews – Duta besar Amerika untuk Indonesia, Cameron R Hume, bersama Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Fasli Jalal baru-baru ini menandatangani  MOU perpanjangan beasiswa Fulbright hingga lima tahun.

Penandatanganan MOU yang disaksikan Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo di Jakarta ini, juga mengakui Yayasan Pertukaran Amerika Indonesia atau American-Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) sebagai organisasi nirlaba yang dikelola kedua negara dan didirikan dalam bentuk yayasan, di bawah hukum Indonesia untuk mengelola program pertukaran Fulbright dan meningkatkan pemahaman bersama antara Indonesia dan AS.

AMINEF

AMINEF didirikan sejak tahun 1987. Aminef berupaya untuk bersikap transparan, dan kompetisi mendapatkan dana beasiswa fullbright dilakukan berdasarkan prestasi. Karena itu, surat lamaran untuk memperoleh program beasiswa akan dinilai oleh tim ahli AMINIEF.

Usai dipilih oleh tim ahli AMINEF,  berkas aplikan kemudian akan dinilai kembali oleh Dewan Manajemen AMINEF. Lalu hasilnya akan dikirim ke J William Fullbright Foreign Scholarship Board di Washington, Amerika untuk mendapat persetujuan akhir.

Program Beasiswa Fulbright tersedia dalam 4 kategori:

I. Program Magister (S2)

A. Program Magister Reguler

Persyaratan khusus: S1 dengan IPK minimum 3,00 dan nilai TOEFL minimum 550.

B. Program Magister dan Doktor Fulbright-Freeport

Persyaratan khusus: Warga Papua, S-1 (untuk program Magister) atau S-2 (untuk program Doktor) dengan IPK minimum 3,00, berkomitmen terhadap pembangunan di Papua dan nilai TOEFL minimum 500.

II. Program Doktor (S3)

 A. Program Doktor Fulbright Presidential

Persyaratan khusus: S-2/Master dengan IPK minimum 3,00, berstatus staf pengajar perguruan tinggi atau bersedia menjadi staf pengajar perguruan tinggi, dan nilai TOEFL minimum 575 (nilai 550 masih dapat dipertimbangkan).

B. Program Doktor Fulbright untuk bidang Sains dan Teknologi

Persyaratan khusus: S-1 atau S-2/Master dengan IPK minimum 3,00, dan nilai TOEFL minimum 580.

Tenggat waktu pendaftaran: 15 April 2009.

III. Program Penelitian

A. Program Penulisan Disertasi

Pelamar adalah mahasiswa program S-3 di universitas di Indonesia yang bermaksud mengadakan penelitian di Amerika Serikat dalam rangka penyelesaian penulisan disertasi. Persyaratan khusus: Nilai TOEFL minimum 575.

B. Program Peneliti Senior

Pelamar harus memiliki gelar doktor atau keahlian profesional yang setara dan fasih berbahasa Inggris.

Tenggat waktu pendaftaran: 31 Agustus 2009.

IV. Program Beasiswa Lainnya

A. Program Pengajaran Bahasa Indonesia (Fulbright Foreign Language Teaching Assistant Program)

Pelamar adalah pengajar bahasa Inggris yang berusia tidak lebih dari 29 tahun pada tgl. 1 Oktober 2009.  Penerima beasiswa akan menjadi asisten dosen untuk matakuliah pengajaran bahasa Indonesia di universitas di Amerika. Selain itu yang bersangkutan diberi kesempatan mengambil matakuliah di bidang pengajaran bahasa Inggris dan Kajian Wilayah Amerika yang bermanfaat dalam pekerjaannya nanti sebagai guru bahasa Inggris sepulang dari Amerika.

Persyaratan khusus: S-1, berkomitmen terhadap pengajaran bahasa Inggris, dan nilai TOEFL minimum 550.

B.  Program Hubert H. Humphrey

Program non-gelar selama 9 bulan. Pelamar adalah tenaga profesional tingkat menengah yang menduduki jabatan struktural di lembaga yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat yang sudah bekerja minimum 5 tahun.

Persyaratan khusus: S-1 dengan IPK minimum 2,75 dan nilai TOEFL minimum 525.

C.  Program Fulbright Visiting Specialist

Program ini memberi kesempatan kepada para ahli yang memahami kebudayaan, kemasyarakatan dan agama Islam di Indonesia untuk menjadi pembicara tamu di Amerika Serikat.

 D. Program Community College Summit Initiative

Program ini tersedia untuk lulusan SMA atau setara yang sudah bekerja untuk melanjutkan kuliah di tingkat Community College selama 1 s/d 2 tahun.  Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan profesional peserta di salah satu bidang berikut:  Managemen Pariwisata dan Perhotelan, Profesi Kesehatan, termasuk Keperawatan, Media; Teknologi Informasi; Pertanian;  dan Teknik.

Persyaratan khusus: Lulusan SMA atau setara atau D1/2;  nilai TOEFL minimum 500.  Mahasiswa atau lulusan program S-1, S-2 atau D-3 tidak dapat melamar.

Tenggat waktu pendaftaran: 1 November 2009.

Syarat-Syarat Umum

Kepada sarjana dan tenaga profesional Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah (program S-2 dan S-3), meningkatkan kemampuan profesional, mengadakan penelitian atau berceramah di Amerika Serikat dengan beasiswa Program Fulbright untuk tahun akademi 2010-2011.  Seperti dilansir dari siaran Pers AMINEF, peminat harus memenuhi persyaratan umum dan khusus untuk setiap program.  Persyaratan umum mencakup: kualitas kepemimpinan, pemahaman akan kebudayaan Indonesia dan internasional, komitmen terhadap bidang studi pilihan, dan kesediaan kembali ke Indonesia setelah program selesai.  Tenggat waktu pendaftaran adalah 31 Mei 2009 kecuali kalau disebutkan lain.  Informasi lebih lengkap,  formulir pendaftaran serta formulir surat rekomendasi dapat diperoleh dari kantor AMINEF atau diunduh dari situs AMINEF www.aminef.or.id.

kontak :

AMINEF

Gedung Balai Pustaka Lt. 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720 Tel.: (021) 3452016; Fax: (021) 3452050