KabariNews – Habibie Festival 2017 kembali digelar mulai 7-13 Agustus 2017 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta.

Habibie Festival merupakan perayaan peran dan kontribusi Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J. Habibie) sebagai sosok figur nasional, bapak bangsa, mentor komunitas, dan ikon ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia serta wadah bagi industri IPTEK untuk memperkenalkan produk-produk inovatif mereka kepada masyarakat luas.

Ilham Akbar Habibie selaku pendiri dan Ketua Gerkan Berkarya!, Habibie Festival menjadi bentuk apresiasi atas kerja keras B.J. Habibie dalam membangun dan mengembangkan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

“Pada pelaksanaan tahun lalu, antusiasme masyarakat, terutama anak-anak usia sekolah, guru, dan orang tua, ternyata sangat tinggi. Tercatat ada lebih dari 56.000 orang memadati festival yang berlangsung di Museum Nasional, Jakarta, “ jelas Ilham Habibie, di kawasan Jakarta, (2/8).

Lebih lanjut ia menambahkan, “Habibie Festival 2017 kami selenggarakan di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, dengan pertimbangan luas area untuk menggelar lebih banyak lagi kegiatan dan capaian IPTEK dan inovasi di Indonesia,” imbuh Ilham

Berbeda dengan perhelatan tahun sebelumnya, pada tahun ini akan digelar dengan skala yang lebih besar, baik dalam lingkup tema, program dan aktivitas, serta peserta festival.

Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung pelaksanaan festival IPTEK dan inovasi terbesar di Indonesia tahun ini.

Sejumlah pelaku ekonomi kreatif digital akan ambil bagian sebagai eksibitor dan pengisi kelas-kelas maupun workshop ekonomi kreatif yang diharapkan semakin memberikan kontribusi signifkan dalam perekonomian nasional.

Berdasarkan survei Bekraf bersama dengan Badan Pusat Statistik di tahun 2016, industri ekonomi kreatif di Indonesia pada 2015 lalu tercatat menyumbangkan Rp 852 triliun kepada pendapatan domestik bruto (PDB) nasional, dengan total 15,9 juta tenaga kerja yang terserap.

Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia mengatakan, “ Visi luhur dari Bapak Teknologi Indonesia, B.J. Habibie, untuk membudayakan penguasaan dan pemahaman teknologi secara nasional sebagai modal utama membangun Indonesia yang lebih baik serta fakta bahwa para eksibitor di Habibie Festival 2017 merupakan para pelaku ekraf di bidang IPTEK di Indonesia, “ ujar Triawan.

“Menjadikan dukungan BEKRAF terhadap Habibie Festival 2017 sebagai hal yang strategis. BEKRAF berharap Habibie Festival menjadi ajang pembelajaran, berbagi, dan apresiasi atas pencapaian industri IPTEK di Indonesia,” imbuhnya.

Habibie Festival tahun ini mengangkat tema “Technology and Innovation for People” (Lihat, Sentuh, dan Rasakan Teknologi Terbaru untuk Masa Depan yang Lebih Baik).

Ada lebih dari 100 perusahaan dan komunitas siap meramaikan festival dengan beragam aktivitas yang aktual dengan perkembangan IPTEK di Indonesia serta memamerkan produk-produk IPTEK dan inovasi mereka. Seluruh acara harian di Habibie Festival 2017 dikemas secara edutainmen dalam tema-tema harian, di antaranya Connectivity, Mobile Life, Innovation Nation, Women in Tech, Makers Land, dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematic).

Seluruh pengunjung festival dapat mengikuti setiap acara dan mengalami langsung berbagai inovasi dan pencapaian teknologi di Indonesia.

Save

Save