KabariNews – Keuntungan Minum Jus Belimbing

Tropical Fruit CocktailBelimbing atau starfruit tak hanya dikenal sebagai buah tropis, rasanya yang manis segar menjadikan buah satu ini cukup digemari. Umumnya belimbing dijadikan camilan buah atau dijus, jika suka potongan belimbing juga enak dicocol sambal (rujak). Belimbing kaya akan nutrisi penting, seperti antioksidan, mineral, dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C cukup banyak sehingga memenuhi kebutuhan harian. Secara umum, konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C dapat membantu tubuh manusia meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari inveksi, virus, flu serta radikal bebas.

Untuk Anda yang sedang diet, sepertinya wajib mencoba buah yang ini, pasalnya buah belimbing merupakan satu-satunya buah rendah kalori. Dalam 100 gram buah belimbing hanya menyediakan 31 kalori, dimana jumlah tersebut paling rendah dari buah tropis lainnya.

Jus belimbing berkhasiat mulai dari ujung kaki hingga rambut. Berikut ini manfaat kecantikan yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi jus belimbing.

  1. Kulit lebih bercahaya, kandungan vitamin C dan zinc dalam belimbing menutrisi kulit menjadi lebih segar dan sehat sehingga dapat terlihat lebih bercahaya. Kandungan air yang tinggi pada buah belimbing memberikan efek menyegarkan pada kulit serta menghindrasi kulit agar tetap terjaga kelembapannya.
  2. Mengusir jerawat dan mengecilkan pori-pori wajah. Tak hanya kulit tubuh yang menjadi sehat, jus belimbing pun berfungsi membersihkan darah sehingga dapat mengatasi masalah kulit dari dalam. Ada lagi cara yang lebih sederhana : iris belimbing, bersihkan wajah dengan air dingin lalu oleskan irisan belimbing ke wajah, biarkan mengering. Diamkan semalaman, supaya getah belimbing menempel pada kulit, bersihkan keesokan harinya. Hasilnya, getah belimbing mampu mengeringkan jerawat dan menghilangkan noda hitam pada wajah.
  3. Melebatkan rambut, kandungan yang terdapat didalam belimbing salah satunya adalah vitamin B kompleks yang sangat diperlukan oleh rambut. Dengan rutin mengkonsumsi jus belimbing, nicaya rambut tubuh lebih lebat dan tidak mudah rontok. Satu lagi bonus dari mengkonsumsi jus belimbing yaitu mampu menunda tumbuhnya uban atau penuaan dini pada rambut.

Belimbing Wuluh : Buah asam sejuta manfaat

Belimbing WuluhJika di atas dibahas belimbing manis, kini kita beralih ke belimbing wuluh yang terkenal berasa asam. Meski rasanya asam, tapi jangan salah khasiatnya yang terkandung juga luar biasa. Buah lonjong berwarna hijau ini umumnya digunakan sebagai bahan pelengkap masakan. Para ibu biasanya memanfaatkannya sebagai pengganti cuka, karena rasanya yang asam. Tambahan belimbing wuluh pada masakan bisa membuat rasa masakan lebih segar dan bisa menghilangkan amis. Maka jangan heran kalau belimbing wuluh juga dijuluki sebagai belimbing sayur.

Belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, salah satunya untuk masker wajah yang berkhasiat mencerahkan dan menghaluskan kulit. Tak perlu menunggu lama, dalam sekali pakai kulit wajah akan langsung bersinar. Berikut caranya :

Siapkan 10 buah belimbing wuluh dan air hangat secukupnya. Cuci bersih belimbing wuluh lalu haluskan hingga seperti pasta. Jika terlalu kental, boleh ditambahkan sedikit air hangat. Oleskan pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Setelah merata, diamkan selama 10 menit atau sampai masker agak mengering. Gosok halus wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kemudian bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin pada malam menjelang tidur. Kulit halus dan lebih cerah bisa didapatkan dengan waktu yang singkat. Selamat mencoba!

Hilangkan Noda membandel pada lantai

Manfaatnya tidak hanya menyedapkan masakan dan merawat kecantikan alami, tapi juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih rumah tangga. Kadar asam yang dikandungnya sangat tinggi, sehingga mampu dimanfaatkan untuk menghilangkan noda di lantai, dinding dan berbagai perabotan rumah tangga yang terbuat dari keramik.

Misalnya lantai rumah meninggalkan noda membandel dan sangat sulit sekali dibersihkan meski sudah dipel berkali-kali. Coba bersihkan dengan belimbing wuluh, caranya mudah Anda hanya perlu menyiapkan beberapa buah belimbing wuluh, sikat, lap kering, sabun dan sarung tangan.

Untuk membersihkan noda lakukan langkah ini : pertama, kupas bagian daging buah, kemudian gosok ke permukaan keramik secara merata. Diamkan selama 10 menit agar kadar asamnya bekerja. Kedua bersihkan keramik dengan menggunakan sikat, gosok satu arah sampai noda terangkat, agar lebih bersih tambahkan sabun. Lap menggunakan kain, sampai keramik kembali bersih.

Tips : pilihlah belimbing yang sudah matang tapi tidak terlalu tua, karena belimbing yang terlalu tua kadar asamnya sudah berkurang. Hindari menggunakan air sewaktu menggosok belimbing ke permukaan lantai keramik, karena air dapat mengurangi kadar asam.