KabariNews – Tugas Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Dubes  Robert O Blake Jr akan segera berakhir. Di penghujung masa tugasnya, Blake menyatakan akan sangat merindukan Indonesia, teman-teman dan juga pekerjaannya selama menjadi diplomat. Di mata Blake Indonesia adalah negara yang unik karena masyarakatnya sangat terbuka. “Indonesia merupakan negara yang sangat terbuka, karena itu saya pasti akan merindukan Indonesia” kata Dubes yang telah berkarir selama 31 tahun sebagai diplomat itu.

Blake mengaku senang bisa ditugaskan di Indonesia. Dia pun menegaskan secara pribadi dirinyalah yang meminta ditempatkan di Indonesia. Menurutnya Indonesia memiliki posisi strategis di Asia dan salah satu mitra penting bagi AS, sehingga ia pun bangga bisa memperluas hubungan strategis kedua negara.  “Minggu depan saya akan pulang dan pensiun. Saya sangat senang bisa ditempatkan di Indonesia dan posting di Indonesia memang pemintaan saya” katanya.

Sebelum kembali ke Amerika, Blake menyempatkan diri mengujungi Ketua MPR RI Zulkifli Hasan untuk berpamitan. Tak hanya sekedar pamitan, pada pertemuan itu Blake juga sempat mendiskusikan berbagai hal dengan Ketua MPR terkait hubungan Indonesia-AS.

Blake ditunjuk Presiden Obama menjabat sebagai Dubes untuk Indonesia sejak Juli 2013 menggantikan Scot Marciel. Sebelumnya, ayah tiga putri itu menjabat sebagai Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk urusan Asia Selatan dan Tengah. Blake merupakan diplomat karier. Dia pernah menjadi Duta Besar AS untuk Sri Lanka dan Maladewa antara 2006-2009, sebelumnya Blake juga bertugas sebagai Deputy Chief of Mission di Kedutaan AS di New Delhi 2003-2006.

Indonesia rupanya sudah lama dekat di hati Blake. Jauh semasa kuliah dulu (1978), ia sudah menginjakkan Jakarta dan mengenal masyarakat Indonesia dari dekat. Pria yang hobi naik gunung itu pun sangat menikmati kehidupan masyarakat di Indonesia. Pada wawancara eksklusif Kabari November 2014 lalu, Blake mengaku pernah keliling Jakarta naik bis dan mikrolet, bahkan ia sangat menikmati naik transportasi umum yang biasa orang-orang Indonesia gunakan.

Dia sangat senang bisa kembali ke Indonesia lagi sebagai perwakilan Pemerintah AS. Banyak momen sejarah yang dilewatinya selama bertugas di Jakarta. Salah satunya pergantian kepemimpinan pemerintahan Indonesia dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Presiden Joko Widodo. (Baca wawancara eksklusif : Robert Blake Indonesia-Amerika Tim Yang Hebat)