Kesimpulan ini ditemukan oleh para peneliti dari Inggris yang menelaah penyebab kematian sekitar 14 ribu anak yang terlahir pada bulan April 1991 ke Desember 1992.Penambahan berat badan ibu hamil hingga minggu ke-14, atau penambahan setengah kilo per minggu di usia kehamilan antara minggu ke-14 dan 36 bisa meningkatkan kemungkinan anak menunjukkan tanda-tanda masalah jantung saat ia berusia 9 tahun. Studi yang dilakukan oleh Universitas Bristol ini memfokuskan ke sekitar 8.500 pasang ibu-anak yang memiliki catatan detail.

Diketahui, wanita yang memiliki masalah kelebihan berat badan sebelum hamil cenderung memiliki anak yang juga bermasalah sama. Namun, di samping itu, masalah kenaikan berat badan saat hamil ternyata juga berpengaruh terhadap berat badan anak, dan di usia 9 tahun, ia berisiko memiliki lemak tubuh tinggi, HDL bagus yang rendah, kolesterol, lingkar pinggang besar, tekanan darah tinggi, dan faktor penyakit jantung lainnya.

Risiko terbentuknya masalah jantung pada anak meningkat, saat ibu hamil mengalami kenaikan berat badan berlebih di usia kandungan 14. Seiring kenaikan lebih dari setengah kilogram per minggu, selama usia kehamilan 14-36, meningkat pula risikonya. Makin jarang wanita hamil mengalami kenaikan berat badan di usia tersebut, makin kecil kemungkinan si anak memiliki masalah jantung.

Kenaikan berat badan usai minggu kehamilan ke-36 tidak dihubungkan dengan risiko anak terkena penyakit jantung di kemudian hari.

Para peneliti ini mengungkapkan bahwa kemungkinan anak-anak ini bermasalah dengan jantung saat mencapai usia 9 tahun adalah karena massa lemak mereka. Namun, mengapa anak-anak cenderung kelebihan berat badan saat ibunya mengalami penambahan berat badan selama kehamilan, masih belum ditemui jawabannya.

Ginekolog dari Lenox Hill Hospital, New York, Jennifer Wu mengatakan bahwa salah satu cara untuk memastikan kesehatan anak-anak mereka adalah wanita yang berencana untuk hamil disarankan untuk mempertahankan berat tubuh ideal sebelum kehamilan. Mereka juga disarankan mengikuti rambu-rambu penambahan berat tubuh yang sehat yang bisa dikonsultasikan kepada dokter kandungan atau dokter gizi masing-masing.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36590

Untuk melihat artikel parenting lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :