Dalam rangka memperingati Hari Bumi, baik sekali kalau kita meluangkan waktu mengajak anak-anak memahami artinya sambil berkreativitas atau menonton film yang bertemakan lingkungan hidup. Meski setiap hari kita sudah mengajarkan membuang sampah ditempatnya, merawat tanaman serta rajin makan sayuran dan minum air bersih, tapi tak ada salahnya mengingatkan kembali sambil merayakan Hari Bumi ini. Anak kita adalah generasi penerus yang akan merawat bumi kita. Kegiatan di bawah ini bisa membuat Hari Bumi jadi menyenangkan bagi anak-anak.

Sampah dan Recycle

Mengingatkan kembali pada anak-anak tentang yang mana sampah dan yang mana recycle sambil diceritakan cerita menarik tentang barang-barang recycle atau alasan kenapa botol dan kaleng dibuang ke recycle bin bukan buang di tempat sampah. Apa akibatnya kalau mereka salah membuang recycle ke tempat sampah atau sebaliknya.

Membuat Barang Bekas Menjadi Berguna

Menyediakan kaleng bekas kopi, majalah bekas, kotak cereal susu atau jus yang sudah dibersihkan, kemudian ajak anak-anak memikirkan apa yang harus dilakukan untuk mendaur ulang barang-barang itu. Jangan lupa sediakan spidol warna, lem, gunting, dna alat-alat prakarya lainnya. Biarkan mereka berkreasi. Tantangan yang pasti menarik mereka.

Main Kuis!

Kumpulkan mereka, bisa dengan teman-temannya, sediakan minuman dan makanan ringan, lalu bermain tebak-tebakan. Bisa dengan kertas, papan tulis atau gambar-gambar. Tentunya tebakannya berkisar tentang bumi dan perawatannya. Sekaligus mengingatkan mereka dan memberi informasi yang belum mereka ketahui. Beri hadiah sederhana kepada pemenangnya. Anak-anak biasanya tidak menolak ajakan itu.

Mengajak Menanam atau Merawat Tanaman

Ajak mereka berbelanja di garden shop. Beri kebebasan mereka memilih yang mereka suka dengan janji akan rajin merawatnya. Bisa juga membeli bibit tanaman dan memilih potnya. Agar lebih meriah, beli pot yang polos, beli juga cat untuk pot, ajak mereka mnggambar atau mengecat pot untuk bibit tanaman itu dan dipajang di halaman rumah. Selain tanaman bunga, pilih juga sayuran atau buah-buahan agar mereka bisa memetik dan menikmatinya.

Berkemah!

Tak perlu berkemah di tempat jauh, cukup sediakan tenda mungil dan berkemah di halaman rumah. Jadikan satu hari menghabiskan waktu di sekitar kemah dan menginap malamnya. Ajarkan mereka memilih makanan dan minuman untuk satu hari itu. Saat malam tiba ajak mereka berbaring memandang langit sambil menceritakan tentang planet-planet yang ada.

Menonton Film

Berkumpul bersama di rumah dan menonton film menarik yang menceritakan tentang kehidupan di bumi. Tak perlu harus film dokumenter atau discovery tapi film kartun macam Wall-E, Ant Bully, Ponyo atau film lainnya yang seru serta memiliki contoh-contoh baik yang berkaitan dengan merawat bumi. Dengan demikian anak-anak dapat menyerap informasi dan mencontohnya tanpa harus mengerutkan kening atau malah bosan. (Riana)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?36567

Untuk
melihat Artikel Amerika / Parenting lainnya,
Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar
di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported
by :