Zaman sekarang yang namanya kartu kredit sudah menjadi trend. Anda bisa dibilang kampungan jika tak punya. Bahkan ada yang punya kartu kredit lebih dari lima! Sebagian orang beranggapan memiliki banyak kartu kredit adalah prestise.

Kalau seniman bilang, Kartu kredit adalah bentuk jajahan lain dari kapitalis.Kapitalis menggirng kita kepada pola hidup konsumtif. Kita dijerat bunga yang mencekik, sementara mereka enak-enakan meraup untung.

Apa yang katakan ada benarnya. Kartu kredit  sejatinya bertujuan memudahkan si pemakai untuk bertransaksi. Tak perlu repot-repot bayar uang Cash. Tapi coba lihat sekarang kemana arah perkembangannya. Operator kartu kredit terus mengiming-imingi pengguna kartu kredit agar terus bertransaksi. Kalau sudah begitu, kita akan terjerat bunga yang tak habisnya.

Diperlukan tindakan-tindakan bijak agar anda terhindar dari jebakan bunga kartu kredit terus menjulang. Sebaiknya ini dilakukan sebelum anda mengirimkan aplikasi permohonan.

1. Kenali Bank atau Lembaga Keuangan yang menerbitkan Kartu Kredit

Hal ini patut anda lakukan agar anda bisa mempertimbangkan produk dan strategi apa yang menjadi core bisnis mereka. Biasany penerbit kartu kredit yang didukung oleh intitusi terkemuka memberikan banyak kemudahan.

2. Tanya sebanyak-banyaknya

Sebelum anda mengajukan aplikasi kartu kredit anda harus bertanya sebanyak-banyaknya mengenai produk yang ditawarkan. Pelajari dengan seksama sistem pembayaranya, bunganya, denda keterlambatan, kemudahan pembayaran dan lain-lain.

3. Jangan tergiur Iming-Iming

Biasanya semua produk kartu kredit menawarkan hadiah gratis, hati-hati jangan tergiur dengan iming-iming. Sekali lagi anda harus mempelajari segala hal tentang produk mereka. Iming-iming bonus atau hadiah langsung anggaplah komplimen anda, jangan dijadikan alasan utama  mengajukan aplikasi.

Setelah aplikasi anda disetjui, kebanyakan orang igin-ingin cepat mencoba memakai atau menggeseknya. Hati-hati, gunakan kartu kredit anda untuk pembelian yang memang penting. Hindari membeli barang-barang mahal ketika pertama kali menggesek, karena bisa-bisa anda pingsan melihat tagihan pertama anda. Ini beberapa tips bijak menggunakan kartu kredit.             

1.      Disiplin

Buatlah semacam daftar belanja setiap bulan dimana anda menggunakan kartu kredit atau uang cash. Misal unutk keperluan belanja sehari-hari anda menggunakan kartu kredit. Tapi untuk membayar tagihan lain menggunakan uang cash.

2.      Gunakan hanya dalam keadaan darurat

Jika anda sudah melakukan hal yang pertama maka anda harus konsisten. Jika terpaksa menggunakannya sebaiknya itu adalah hal darurat.

3.      Segera bayar tagihan anda

Bila anda punya cukup uang membayar tagihan anda segeralah bayar. Misal anda menggunakan kartu kredit pada hari Kamis, kemudian kebetulan anda punya uang keesokannya harinya, maka bayarlah segera. Semakin lama anda menundanya semakin tinggi bunga yang harus anda bayar