Blogging “permaianan” baru di media internet. Siapa saja bisa ikut curhat, diskusi, lempar ide dan beri informasi atau mencari informasi. Tetapi, awas ! Jangan terkecoh dengan informasi yang menyesatkan.

Apa itu blog ? Menurut Wikipedia, blog adalah kependekan dari web log atau aplikasi web yang isinya berupa tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Blog merupakan situs pribadi yang diupdate secara berkelanjutan dan berisi link-link yang mereka anggap menarik.

Media blog baru mulai sekitar tahun 1990-an. Saat itu pun blog masih sepi. Internet masih merupakan barang mewah, sehingga hanya segelintir orang yang menggunakan internet untuk menulis blog. Namun saat ini, di Indonesia sedang marak-maraknya blog. Perkembangan teknologi internet yang semakin maju membuat banyak orang menjadikan internet sebagai bagian dari kehidupan.

Menulis blog bisa dikatakan sebagai kegiatan tambahan, bahkan ada yang menjadikan pekerjaan. Beberapa tujuan ngeblog (sebutan untuk blogging) diantaranya menulis jurnal, berbagi informasi, atau hanya sekedar meluapkan perasaan. Beberapa fasilitas blogging gratis seperti blogspot, live journal, multiply, wordpress, blogdrive, blogsome, sampai dengan yang terbaru yaitu dagdigdug dan blogdetik. Mereka ini cukup ramai diakuisisi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, guru, jurnalis, hingga artis. Tidak tanggung-tanggung, anak SD pun banyak yang mulai menulis blog.

Artis cantik Dian Sastrowardoyo sudah mulai ngeblog pada Januari 2008. Layaknya selebritis, blog Dian pun ramai dikunjungi pembaca. Komentar mulai dari kenalan, hingga tanggapan atas tulisan Dian bermacam-macam.

Selain Dian Sastrowardoyo, artis cantik Wulan Guritno dan penyanyi Maia Estianty pun turut menulis blog. Isi blog mereka tidak jauh dari kehidupan sehari-hari. Tentu para penggemarnya senang membaca cerita keseharian idola mereka.

Bermacam-macam blogger, beranekaragam pula background mereka. Blogging tidak mematok ukuran seseorang haruslah berpangkat, intelek, ahli di bidang komputer dan sebagainya. Semua bebas. Bebas menulis dan bebas berpendapat. Banyak sekali yang dapat diperoleh dari blogging. Mulai dari mendapatkan teman baru, informasi, hingga bisa berdiskusi, tergantung topik yang diangkat oleh si penulis. Blogging pun hampir sama seperti diskusi online.

Pertumbuhan blog di Indonesia cukup cepat. Semakin hari semakin banyak orang-orang yang membuat blog. Namun, masih banyak juga orang yang tidak tahu mengenai blog. Ada pula yang sering salah kaprah mengenai blog dan website. Perbedaan blog dan website terlihat dari kontennya. Kebanyakan blog merupakan jurnal harian dari si penulis. Namun juga ada blog keroyokan yang terdiri dari beberapa penulis, tergantung dari visi misi blog yang mereka kelola.

Selain sisi positif, ada juga sisi negatifnya dari blog. Kebebasan menulis dalam blog bukan berarti informasi yang ditulis akurat. Bisa-bisa informasi yang disampaikan salah. Oleh karena itu,pembacalah yang harus berpikir untuk menerima informasi tersebut. Blog bisa mengajarkan pembaca untuk lebih kritis.

Tak jarang pula penulis blog mengutarakan pendapatnya dengan bahasa satir yang menyindir, sehingga menjebak pembacanya. Jadi, tulisan tersebut harus dicermati sebelum memberikan kesimpulan dan tanggapan. Belum lagi si penulis tidak diketahui identitasnya. Jika seperti ini, pembaca harus memilih – blog mana yang layak dibaca dan sumbernya terpercaya. Jangan sampai terjebak berita bohong.

Dunia blog pun dirasa akan semakin berkembang dikemudian hari. Tertarik untuk ngeblog ? Mari dimulai sejak dini. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Ayo ngeblog! (Chika)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?2613

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari Maret 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Intero Real Estat

Lebih dari 1 juta rumah di Amerika

Klik www.InteroSF.com          Email :  Info@InteroSF.com

Telp. 1-800 281 6175