Januari sampai dengan Februari 2012 diperkirakan Jakarta akan mengalami curah hujan yang tinggi. Badan Meteorologi Kliminologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat khususnya wilayah pantai utara Jakarta agar mewaspadai kemungkinan air meluap antara tanggal 19 – 24 Januari 2012.

Diprediksi pada rentang itu akan terjadi siklus bulan mati yang menyebabkan air laut naik (rob) dengan ketinggian 1,1 meter.

Kasubid Informasi BMKG Hary Tirto Djatmiko menerangkan, apabila saat air laut meluap dan dibarengi dengan hujan dengan intensitas sedang sampai lebat, masyarakat diminta untuk lebih waspada. Dijelaskannya lagi, rob adalah fenomena astronomis rutin yang terjadi dua kali setiap bulan, yaitu dimana saat bulan purnama pada 1- 6 Februari dan di bulan mati.

Apabila terjadi pertemuan hujan lebat di hilir dan rob, kemungkinan wilayah pantai utara Jakarta harus waspada akan datangnya banjir, apalagi bila di wilayah hulu juga hujan. “Jika wilayah hulu, misal Depok dan Bogor juga hujan lebat, otomatis akan mengirim air ke DKI Jakarta,” paparnya.

BMKG memperkirakan pada pertengahan pekan ini hingga akhir pekan akan terjadi hujan lebat. Sementara bulan puncak musim hujan akan terjadi antara pertengahan januari hingga pertengahan Februari.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37773

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
_____________________________________________________

Supported by :