Narkoba memang harus diperangi, karena dapat berefek buruk bagi bangsa, terutama merusak generasi muda. Selain penyuluhan akan bahaya narkoba ke masyarakat dan sekolah-sekolah, Badan Narkotik Nasional (BNN) punya upaya lain untuk merangkul para pecandu narkoba agar sembuh, yaitu membuka layanan gratis detoksifikasi untuk pecandu narkoba yang ingin terbebas dari obat-obatan. Saat ini terdapat 4 juta pecandu di Indonesia.

Layanan gratis itu diberi nama Klinik Sejahtera (Balkesmas Sejahtera Mitra Afia) yang dipusatkan di Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan minat para pecandu agar tidak merasa khawatir lagi untuk berobat, sekaligus untuk mengurangi jumlah pecandu narkoba yang ada di Jakarta dan seluruh Indonesia

Kepala BNN Nanang Iskandar mengatakan layanan detoksifikasi ini merupakan tahap awal rehabilitasi pecandu narkoba. Bahkan di tempat itu juga bisa digunakan sebagai motivasi agar pecandu punya semangat untuk pulih dan tidak lagi ketergantungan barang-barang haram itu.

BNN membuka layanan gratis ini sejak Mei dan akan berakhir pada Juli mendatang. Tidak ada pungutan biaya yang akan memberatkan pecandu, mereka hanya tinggal datang ke klinik dan gratis. Namun harus ditemani oleh penanggungjawab, baik orangtua maupun kerabat.

Usai melewati proses detoksifikasi, para pecandu akan direhabilitasi, prosesnya bisa 4 sampai 7 hari. BNN akan terus membimbing para pecandu agar terus bersemangat untuk sembuh. Namun ada yang perlu diingat, kesembuhan korban narkoba membutuhkan peran lingkungan yang bersih dari narkoba, dengan begitu BNN meminta kerjasama keluarga agar terus memperhatikan lingkungan pergaulan sekitar agar tidak terjerumus narkoba lagi.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56336

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :