pisang

Kepala mulai berat, hidung mampet, lemas, badan pegal, waspadalah Anda terkena gejala flu. Jika sudah begitu, rasanya ingin istirahat dan minum obat. Tapi apakabar dengan pekerjaan Anda? Obat flu umumnya dapat menyebabkan kantuk yang pastinya dapat membuat pekerjaan Anda terhambat.

Ada kalanya Anda mencari pengobatan alternatif yaitu beralih ke pengobatan alami yang tidak menimbulkan efek samping. Namun ada yang perlu diingat, penggunaan obat tradisional juga tidak boleh sembarangan, dosisnya harus diperhatikan. Berikut ini ada beberapa buah alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mencegah dan mengobati flu. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat meningkatkan imun tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih segar.

Mungkin Anda baru mengenal jeruk sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Ada buah-buahan lain yang tidak kalah dengan jeruk, seperti :

Apel

Apel juga mengandung antioksidan tinggi. Di dalamnya terkandung sekitar 1.500 mg vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Kandungan flovonoid di dalamnya juga bermanfaat mencegah penyakit kanker dan jantung.

Pepaya

Papaya buah yang relatif murah dan mudah didapatkan. Di dalamnya terkandung sekitar 250 persen  RDa vitamin C yang bermanfaat mengusir virus penyebab flu. Betakaroten, vitamin C dan E di dalamnya juga berkhasiat mencegah peradangan di dalam tubuh, terutama pada pernapasan.

Cranberries

Di Indonesia, buah ini memang jarang ditemui di pasaran, mungkin hanya di bebeapa supermarket tertentu saja. Cranberries mengandung 5x vitamin C pada brokoli. Kandungannya mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh, bahkan bisa mencegah penularan virus.

Grapefruit

Buah yang mirip jeruk ini punya ciri khas lain dari jeruk, warna dagingnya lebih merah dan lebih harum. Kandungan vitamin C di dalamnya cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan sistem imum tubuh, bahkan zat limonoids di dalamnya juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Uniknya lagi daging merahnya dapat dimanfaatkan untuk sumber nutrisi pencegah kanker.

Pisang

Buah pisang hampir disukai semua kalangan. Kandungan vitamin B6 bermanfaat untuk mengatasi flu juga membantu mengurangi stres, depresi dan insomnia. Memiliki kandungan magnesium yang tinggi, serta membantu memperkuat tulang. Ada zat potassium juga yang dapat dimanfaatkan untuk pencegahan penyakit jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Flu bisa ditangkal dengan bahan alami yang pastinya bisa didapat dengan mudah tanpa harus menimbulkan rasa kantuk. Selain mengobati, buah-buahan juga bisa menjadi ‘pelindung’ dari virus penyebab flu. Konsumsilah buah-buahan di atas secara teratur, niscaya Anda akan terbebas dari sakit dan tubuh pun selalu sehat. Satu lagi, konsumsi air putih secara teratur juga dapat menjaga tubuh agar tetap bugar dan tidak mudah sakit.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?57858

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :