KabariNews – Buah leci yang termasuk ke dalam keluarga Sapindaceae ini memiliki beberapa khasiat baik bagi kesehatan. Di Florida, leci telah diyakini dapat menyembuhkan luka lambung. Dengan kandungan kalium berupa potasium sebesar 171 mg, leci dapat menurunkan tekanan darah tinggi, membuat jantung berdenyut lebih teratur, dan tak kalah penting adalah mengatur keseimbangan cairan sel-sel tubuh kita.

Bagi Anda yang tengah menjalankan diet dan olahraga, leci sangat baik dikonsumsi karena tidak mengandung lemak, namun kadar gulanya yang melimpah dapat digunakan sebagai bahan bakar dan sumber energi saat melakukan aktifitas fisik. Karbohidrat yang terdapat di setiap 100 gram leci adalah 16,53 gr dan terdiri dari beragam gula seperti sukrosa dan glukosa. Kandungan serat pada buah leci pun tidak sedikit yaitu sekitar 1,3 gr per 100 gr daging buah.

Selain sebagai sumber energi dan serat yang baik, leci juga memberi manfat bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dengan memaksimalkan pembentukan tulang karena mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium. Dengan ketiga mineral tersebut, para manula pun diuntungkan menghambat laju osteoporosis.

Sebuah penelitian di Perancis yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan leci mengandung polifenol tertinggi yang baik untuk jantung, hampir 15 % lebih banyak dari anggur. Senyawa ini juga mampu mencegah kanker karena polifenol bekerja seperti barisan pertahanan yang siap melawan setiap serangan asing perusak sel tubuh, demikian papar David Grotto, RD, penulis buku 101 Foods That Could Save Your Life!

Studi terbaru di Sichuan University, Cina mengungkapkan kandungan antioksidan dalam leci mencegah pembentukan sel-sel kanker payudara. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C pada buah leci sangat tinggi yaitu sekitar 71,5 mg per 100 gram daging buah. Ini artinya, dengan hanya mengonsumsi 100 gram daging buah leci telah memenuhi kebutuhan tubuh kita akan vitamin C.

Jika Anda ingin membeli buah leci, cari yang berwarna merah atau merah kecokelatan dengan sedikit atau tidak berbintik hitam di kulit kasarnya. Kulit harus utuh dan masih ada sisa batangnya. Buah leci dapat dimakan jika sudah matang atau juga dijadikan campuran tumisan untuk menghasilkan rasa manis segar seperti anggur.