Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan itu susahnya minta ampun. Sementara ada juga orang yang berat badannya tak kunjung bertambah kendati gaya hidup dan kebiasaan makannya seimbang. Kedua golongan orang ini memang punya perbedaan individual, yakni laju metabolisme masing-masing.

Namun Anda jangan putus asa sebab ada banyak jenis makanan yang betul-betul dapat meningkatkan laju metabolisme serta membantu menurunkan berat badan. Kalau Anda merasa kegemukan, makanlah makanan yang pedas-pedas.

Menurut beberapa studi mutakhir, bumbu-bumbu pedas macam cabai, mostar, merica, dapat membantu menurunkan berat badan sebanyak 25% kalau rempah-rempah tersebut ditambahkan dalam diet Anda.

Cabai rawit yang sudah dikenal selama ratusan tahun sebagai obat kolik usus (masuk angin), pencernaan dan meningkatkan sirkulasi darah, sampai kini masih dikonsumsi banyak orang untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan tersebut.

Namun, cabai rawit yang juga mengandung capsaicin dan capsacutin itu kini diyakini para ilmuwan dapat menurunkan berat badan. Itu terjadi karena pengaruhnya terhadap produksi hormon hasil kelenjar tiroid yang berpengaruh terhadap laju metabolisme. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Tasmania di Australia membuktikan, laju metabolisme 4 dari 6 orang kelinci percobaan meningkat setelah menyantap makanan yang mengandung 1 sendok makan Tabasco yang tak lain ekstrak cabai juga.

Karena itu kalau Anda mengalami kegemukan, cobalah tambahkan dalam santapan Anda bumbu-bumbu pedas tadi, entah dibubuhkan atau diramu sewaktu memasaknya. Cabai rawit memang pedas menggigit. Karena itu bila Anda baru pertama kali memakai cabai rawit, makanlah sedikit saja dulu, kemudian ditingkatkan seperempat sendok makan setiap kali menyantap makanan.

Ada juga cara lain yang bisa membantu Anda tanpa harus merasakan pedas. Ambillah kapsul kosong dan masukkan bubuk cabai rawit atau bubuk cabai sampai separuh kapsul. Sebaiknya Anda menenggak satu kapsul setiap kali makan. Kalau perut Anda merasa tidak enak, kurangi jumlah cabai rawitnya atau stop makan cabai sama sekali.

Tetapi ingat, jika Anda sungguh-sungguh punya niat menurunkan berat badan, sebaiknya hindari makan junk food, juga camilan. Makanan yang tinggi kadar lemak dan atau gulanya akan menambah berat badan biarpun Anda makan cabai sampai megap-megap kepedasan. Dalam setiap gramnya lemak mengandung jumlah kalori dua kali lebih banyak daripada karbohidrat ataupun protein. Jumlah total lemak dalam menu Anda sebaiknya sekitar 20% dari jumlah energi total dalam asupan.

Selain itu perbanyak konsumsi sayur-sayuran, kecuali kubis. Kubis ini justru mempunyai pengaruh meningkatkan berat badan. Makanlah buah-buahan segar, bukan yang dikeringkan atau dijus karena yang demikian itu selalu tinggi kadar gulanya. Air putih merupakan keharusan, karena itu minumlah 6 – 8 gelas per hari. Hendaknya selalu sarapan pagi dan kurangi porsi makan malam. Sarapan dapat menghindarkan Anda dari memakan junk food dan camilan sepanjang hari itu. Namun catatan yang harus Anda ingat, tidak ada proses yang instant untuk mendapatkan apa yang seperti Anda impikan, tentunya Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan yang akan Anda makan, terutama perhatikan makanan yang berlemak. Begitu juga kombinasikan asupan makanan yang berserat dengan berolahraga yang teratur. Makan cabai – Asupan berserat – Olahraga teratur, merupakan tiga langkah cepat untuk menurunkan berat badan.

Bila Anda hendak mencoba memanfaatkan cabai untuk menurunkan bobot badan, Anda mesti siap terhadap dua kemungkinan. Tujuan tercapai atau Anda mendapat gangguan perut akibat pedasnya cabai. Kalau tak menghadapai masalah, ya bersyukurlah. Sebaliknya kalau perut jadi mulas, atau diare, sebaiknya hentikan usaha Anda dan periksakan diri ke dokter untuk pemulihan kondisi kembali. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31618

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

MedicIns

Lebih dari 10 Program Asuransi Kesehatan

Klik www.TryApril.com      Email : Info@ThinkApril.com

Telp. 1-800 281 6175