KabariNews – Memasuki tahun baru, orang ramai membulatkan resolusi dirinya. Tak sedikit yang ingin beroleh tubuh langsing. Bagaimana mewujudkannya? Ada yang mulai rajin berolahraga dan menjaga pola makan. Tapi bila masih sulit untuk memulainya, mulailah mengurangi gorengan atau camilan yang asin. Beralihlah ke buah saat ingin ngemil. Atau menggado sayur dan buah yang dicelup hummus bikinan sendiri. Rasakan, pencernaan lebih sehat dan badan jadi bugar.

Grape Fruit

Grape fruit atau kita biasa menyebutnya jeruk Bali adalah pilihan yang baik untuk mengganti camilan gorengan atau kripik. Jeruk berkadar air tinggi sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang, dan tentunya mengandung antioksidan. Menurut data dari John Hopkins University, mereka yang memakannya setiap hari dapat kehilangan 9 kilogram dalam 13 minggu. Buah ini berkarbohidrat tinggi sehingga akan lebih baik jika dimasukkan dalam menu sarapan kita. Selain akan mengimbangi kadar gula yang tinggi yang terbentuk dari makanan yang disantap pada malam hari, juga membantu melancarkan proses pencernaan kita.

Alpukat

Banyak yang salah kaprah terhadap buah yang satu ini. Mereka takut minum jus alpukat, karena takut jadi gemuk. Memang, alpukat mengandung lemak yang tinggi, tapi ketahuilah, lemaknya merupakan lemak tak jenuh yang sehat, kaya vitamin E dan justru mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Jus alpukat tentunya menjadi tak sehat lagi jika mencampurkan ke dalamnya banyak gula, sirup, atau susu coklat yang berkadar gula tinggi. Bagaimana kalau memakan buah yang memiliki kandungan asam lemak Omega 9 dengan dicamil saja? Saran saji untuk Anda, alpukat dibuat salada dengan lemon juice, dibuat hummus atau guacamole sebagai celupan sayur atau buah lainnya. Seandanya ingin jus alpukat, campurkan sedikit madu, lemon atau jeruk nipis sebagai pengganti susu cokelat.

Semangka

Buah ini juga memiliki kandungan air yang tinggi dan kaya vitamin A, B dan C serta mengandung lychopene yang melindungi dari penyakit jantung dan kanker. Paling maksimal jika minum segelas jus semangka segar mengandung 50 kalori. Semangka baik juga untuk pencernaan, membantu detoksifikasi, sehingga dapat menurunkan berat badan secara sehat. Ngemil semangka akan membuat kita cepat kenyang dan menambah energi secara instan.

Berries

Strawberry, cranberry, raspberry, dan blackberry merupakan cemilan wajib untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, karena buah-buahan ini mengandung karbohidrat dan kadar gula yang rendah. Di samping itu dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengenyahkan kolesterol jahat dari dalam tubuh. Menurut data dari University of Michigan, mereka yang mengonsumsi berries setiap hari, lemak di dalam perut akan berkurang hampir sebanyak dua persen! Meski kadar gula sangat rendah, tapi rasanya yang termasuk manis membuat buah-buahan ini enak buat dicamil, terutama bagi yang terbiasa ngemil yang serba manis. Cara memakannya juga dapat dicampurkan ke dalam salad atau yogurt. Camilan berries sungguh sehat dan cukup mengenyangkan.

Delima

Ngemil delima, kenapa tidak? Kalau malas ngemil buahnya, minumlah dalam bentuk jus. Sekali lagi, untuk mengurangi berat badan, hindari memakan buah dengan sirup atau gula yang banyak. Gantilah gula dengan sedikit madu murni. Delima penuh dengan antioksidan yang memungkinkan tubuh mampu membuang racun yang tidak diinginkan. Seperti juga jeruk Bali, delima sangat baik jika dikonsumsi sebagai pelengkap sarapan. Minum jus delima untuk atau setelah sarapan akan mengenyangkan dan menambah energi, sehingga Anda tidak ingin ngemil di antara waktu makan siang.

Pepaya

Buah ini paling diingat saat kita sembelit. Pepaya memang manjur untuk mengatasi sembelit, selain itu kandungan karbohidratnya yang rendah dapat mengontrol kadar kolesterol. Pepaya makanan sehat di usus kita yang dapat membantu menurunkan berat badan. Pepaya sungguh segar dimakan begitu saja dengan kucuran jeruk nipis. Dalam satu gelas jus, pepaya mengandung 55 kalori. Meski kandungan airnya tidak sebanyak jeruk atau semangka, tetapi pepaya akan cukup mengenyangkan perut sehingga bagus untuk camilan di antara waktu makan siang dan makan malam.

Khasiat Buah dan Sayur Ungu

Alam menyajikan tumbuhan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Buah dan sayur mayur warna-warni, merah, kuning dan hijau, misalnya. Semua memberi khasiat untuk menjaga diri dari sakit. Bagaimana dengan buah dan sayur mayur yang berwarna ungu? Tentu saja. Jangan lewat kupasan khasiatnya berikut ini!

Warna ungu pada buah-buahan dan sayuran diindikasikan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sangatlah bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel, menjaga daya tahan tubuh dan juga membuat kulit tetap segar dan awet muda.

Menurut National Health and Nutrition Examination Study (NHANES), orang dewasa yang rajin mengonsumsi buah dan sayuran berwarna ungu memiliki berat badan yang stabil. Selain itu, umumnya mereka cenderung langsing dan tidak punya problem berat badan berlebih. Ditemukan juga, tekanan darah serta kandungan HDL dalam darah mereka stabil. Para peneliti kemudian mengembangkan studi terhadap sayuran berwarna ungu tersebut. Adalah anthocyanin, sebuah pigmen dalam buah dan sayuran berwarna ungu yang memainkan fungsinya sebagai antioksidan.

Buah dan sayuran ungu apa saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi?

Riset mengindikasikan, mengonsumsi sayur dan buah-buahan berwarna ungu, seperti kubis ungu, blueberry, blackberry, blackcurrant, plum, bit, buah naga ungu, dan anggur akan memberi manfaat luar biasa, karena mengandung zat penting yang dapat menetralkan racun dalam tubuh. Bahkan, zat ini diyakini mampu mencegah beragam penyakit, seperti alzheimer, multiple sclerosis, dan parkinson. Buah dan sayur berwarna ungu yang juga kaya akan flavonoid, baik bagi sekali untuk kesehatan jantung, sehingga mampu mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan antioksidannya pun berperan menurunkan risiko kanker, di samping meningkatkan kemampuan memori dan mencegah penuaan dini.

Ada banyak cara untuk menikmati makanan berwarna ungu, dari salad, jus atau memasaknya sebagai sayur. Ayo, masukkan buah dan sayur berwarna ungu dalam menu makan Anda. Ulah ragu! (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/74600

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan

 

 

 

 

kabari store pic 1