KabariNews –  Kegiatan rutinitas sehari-hari terkadang membuat kita jenuh, karena setiap hari ketemu dengan kegiatan yang sama  terus  menerus. Perlu suatu perubahan agar ada sedikit variasi  kegiatan alih-alih  kejenuhan itu bisa diatasi.  Nah, salah satu caranya adalah  dengan melakukan kegiatan wisata.  Referensi tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk mengobati kejenuhan, adalah Pantai Tiga Warna yang terletak di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sitiarjo, Kabupaten Malang.

Pantai ini  unik karena mempunyai tiga warna. Perubahan warna yang terjadi  dikarenakan adanya perbedaan kedalaman dan di pengaruhi karang-karang yang ada disekitar lokasi. Keunikan Pantai Tiga Warna dapat dilihat dari warna pasirnya yang bercampur dengan kulit kerang serta pecahan karang kecil-kecil  yang berwarna pink. Di tepi pantai, airnya berwarna hijau dan jernih. Kemudian agak ke tengah airnya  berwarna biru. Kenikmatan juga bisa dirasakan, kala melakukan kegiatan snorkling melihat pemandangan bawah laut dengan pesona terumbu karang yang masih terjaga. Walaupun tak seindah kala snorkling di Karimun Jawa, namun itu bisa menjadi suatu pengalaman dan menjadi bahan  yang dapat di ceritakan kepada orang lain.

Untuk mencapai lokasi caanya cukup mudah, dari kota Malang  menuju pantai Tiga Warna akan dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan mengarah ke Dampit, lanjut ke Turen. Sampai di Turen, ikuti terus penunjuk arah menuju pantai Sendang biru. Kemudian ada persimpangan disertai penunjuk arah, jika ke kanan ke pantai Balekambang dan jika ke kiri mengarahkan ke pantai Sendang Biru atau ke Goa Cina. Ambil arah kiri dan ikuti terus arah jalan ke pantai sendang Biru sampai menemukan papan nama pantai Clungup.

Lanjutkan perjalanan ke arah pantai Clungup hingga menemukan pemukiman penduduk. Di lokasi pemukiman penduduk akan ada papan yang bertuliskan Clungup Mangrove Conservation . Nah! Tinggal 1 km lagi akan sampai ke lokasi Pantai Tiga Warna. Namun akses jalan menuju ke lokasi tidak bisa di lalui kendaraan roda empat dan harus berjalan kaki sejauh 1 km untuk sampai di lokasi. Namun  jangan kuatir, sudah ada tempat parkir dan tukang parkir yang siap menjaga kendaraan.

Setelah sampai di pintu utama pantai Clungup, setiap pengunjung wajib regrestasi dan konfirmasi di pusat informasi dan setiap barang yang di bawa oleh pengunjung akan di cek serta di catat oleh petugas setempat. Hal ini bertujuan agar lokasi wisata selalu bersih dari sampah yang di bawa oleh pengunjung. Untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lokasi, pengunjung wajib untuk selalu mentaati peraturan yang berlaku. Akan lebih baik lagi jika meninggalkan lokasi wisata Pantai Tiga Warna, cek barang bawaan dan pastikan tidak ada sampah yang di tinggal  karena akan dikenakan denda sebesar Rp.100 ribu.

Walaupun lokasi wisata Pantai Tiga Warna dibuka pada tahun 2014, namun banyak orang yang belum tahu keberadaannya. Pantai Tiga Warna masuk dalam wilayah konservasi yang di lindungi sehingga pengunjung setiap harinya kuotanya di batasi. Misal, jika kuota pengunjung yang masuk sudah penuh, maka harus menunggu kelompok yang sedang trakking kembali untuk di gantikan kelompok berikutnya. Alangkah baiknya, jika ingin mengunjungi ke lokasi wisata Pantai Tiga Warna, jauh-jauh hari harus sudah reservasi atau booking terlebih dahulu, agar tidak kecewa.

Pastikan hari dan tanggal berkunjung serta jumlah rombongan (rombongan dibatasi 10 orang). Sebulan sebelum berkunjung, usahakan lakukan reservasi terlebih dahulu untuk long weekand. Jangan lupa sediakan uang untuk tiket masuknya sebesar Rp 5 ribu/orang. Jika Anda ingin  melakukan camping, biaya sewa tenda dan sewa lahan sebesar Rp. 50 ribu per tenda. Bila ingin melakukan kegiatan snorkling akan di kenakan biaya sewa 1 set perlengkapan snorkling sebesar Rp. 150 ribu per set (Baju pelampung, kacamata dan alat bantu pernapasan).