Salah satu cara terbaik agar menghargai waktu adalah dengan membuat jadwal dari aktivitas yang direncanakan. Di-era sekarang sudah canggih dan banyak gadget untuk memfasilitasi itu.

Ini tips sederhana cara jitu manfaatkan waktu, yaitu menyusun perencanaan jadwal yang baik dan efektif.

Dalam menyusun jadwal, sertakan target dan sasaran yang ingin diperoleh. Misalnya jika kita ada jadwal rapat. Maka usahakan agar dalam jadwal yang telah kita buat, dicantumkan apa target dari rapat yang ingin dicapai. Sehingga rapat dapat berjalan efisien.

Masing-masing individu harus berkomitmen untuk tidak menggunakan jam karet. Kecuali jika memang ada urusan lain yang super penting. Namun perlu diingat, kita harus membuat jadwal yang se-realistis mungkin. Perlu dipertimbangkan juga faktor kemacetan dll.

Harus realistis. Artinya, buat jadwal dengan pertimbangan matang sehingga dapat dijalankan dengan benar. Misalnya rapat biasanya normal berlangsung 1 jam. Jangan memjadikan itu 2 jam atau hanya 20 menit. Tidak realistis namanya. Lebih realistis lagi, tambahkan waktu sekitar 10 hingga 20 persen sebagai waktu jeda. Hal ini bertujuan untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diduga sebelumnya.

Jika dalam jadwal kita melibatkan orang lain di luar komunitas, sebisa mungkin untuk melakukan konfirmasi ulang ke orang yang bersangkutan. Hal ini sangat berguna untuk mencegah kita dari kerugian waktu. Misal kita sudah datang untuk rapat, tapi ternyata rapat dibatalkan. Banyak kerugian waktu yang telah kita buang.

Melakukan sikap ambil alih. Selesai rapat, kita sering ngobrol dengan rekan kerja untuk beberapa saat. Bila obrolan itu melebar kemana-mana dan melebihi waktu cadangan tambahan yang telah kita sisipkan dijadwal, relakan hati untuk tegas bersikap. Segeralah meminta izin untuk menyudahi pembicaraan tersebut.

Setelah seharian kita jalankan aktivitas dan konsisten dengan jadwal yang kita buat, sebaiknya sesaat sebelum tidur lakukan evaluasi. Hal ini agar untuk hari selanjutnya kita dapat jalankan jadwal lebih baik lagi. Dengan menjalankan jadwal dengan baik, kita dapat memanfaatkan waktu dengan bijak.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36467

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :