ilustrasi makan saladSemua orang pasti pernah merasakan lapar saat malam hari. Kalau sudah begitu, hasrat ingin makan pun muncul meskipun hanya sekedar untuk mengganjal perut agar tidak terus minta diisi. Kondisi tersebut tentunya jadi masalah untuk mereka yang tengah menjalankan diet, pasalnya makan malam biasanya jadi pantangan terberat mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar tidak kelaparan saat malam hari?

Berikut ini ada beberapa tips sehat untuk menjaga dan membuat perut tidak lapar saat malam hari. Sangat mudah dijalankan asalkan dilakukan dengan niat dan kesabaran.

Kunci pertama, sarapan

Melakukan sarapan atau makan pagi tidak hanya membuat tubuh mendapat asupan energi tapi ternyata juga mencegah tubuh mengalami rasa lapar saat malam hari. Sarapan baik dilakukan 90 menit setelah bangun tidur. Asupan sarapan juga harus diperhatikan, tidak asal kenyang. Pilihlah sarapan yang berkarbohidrat, berserat dan tidak mengandung gas. Anda dianjurkan makan lagi setiap 5 jam sekali, hal ini dilakukan agar rasa lapar tidak muncul saat malam hari. Jeda makan 5 jam membuat tingkat gula darah tetap stabil dan membuat Anda tidak makan berlebihan, terutama di malam hari.

Asupan kaya serat

Makanan kaya serat bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Jika ingin berdiet, konsumsilah banyak sayuran atau buah. Tapi jika ingin lebih kenyang Anda bisa memulainya dengan hidangan pembuka yaitu sayuran berkuah hangat. Tidak ingin makan nasi atau roti, coba beralih ke salad buah dalam porsi besar. Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan, yaitu jangan lupa minum air putih yang banyak agar sepanjang malam perut tidak keroncongan.

Mundurkan jam makan malam

Mundurnya jam makan malam disesuaikan dengan jam makan siang. Jika Anda sering telat makan siang, pertimbangkan untuk memundurkan makan malam 1 jam dari waktu biasanya. Pengaturan ini juga bermanfaat untuk meminimalis keinginan ngemil.

Cemilan sehat

Keinginan untuk makan atau ngemil seringkali tidak terhindarkan, terutama saat rutinitas tidak memungkinkan untuk makan teratur. Jika mengalami hal demikian, cobalah untuk merencanakan makanan yang lebih sehat. Dimulai dari memilih jenis makanan, berapa banyak dan kapan saatnya bisa memakannya. Pilihlah buah sebagai alternatif sehat, selain kaya serat buah tidak mengandung lemak yang bisa menumpuk dan menambah berat badan. Atau bisa juga memilih makanan rendah kalori yang bisa disesuaikan saat memakannya.

Menyibukan diri

Satu lagi cara ampuh untuk mengalihkan kelaparan di malam hari, menyibukan diri. Lakukan beberapa hal yang dapat membuat keinginan mengunyah beralih, misalnya sibuk dengan hobi. Membaca, berolahraga bisa jadi salah satu cara untuk mengalihkan rasa lapar. Terkadang rasa lapar juga dipengaruhi hasrat ingin makan karena melihat atau teringat makanan, coba siasati dengan minum segelas air putih, tunggu 10 menit. Rasa lapar pun hilang dengan sendirinya. Selamat mencoba.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?57080

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Tip Top