KabariNews – Dipenghujung tahun 2004, tepatnya pada hari Minggu, 26 Desember 2004, Indonesia dan delapan negara lainnya di kawasan Samudera India dilanda bencana tsunami sangat hebat. Tsunami tersebut telah merenggut lebih dari seperempat juta jiwa pada beberapa negara Asia dan Afrika yang meliputi : Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, Bangladesh, Srilangka, India, Maladewa, Somalia dan Kenya

Bencana tsunami akhir tahun 2004 tersebut telah meninggalkan kesedihan dan penderitaan luar biasa bagi masyarakat Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Merujuk data dari BNPB, 173.741 jiwa meninggal dan 116.368 orang dinyatakan hilang, sedangkan di Sumatera Utara 240 orang tewas.

Tsunami aceh mengakibatkan ribuan rumah dan bangunan rusak, dan menyebabkan hampir setengah juta orang jadi pengungsi. Bencana nasional ini tidak hanya menjadi duka yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia, bahkan dunia pun turut berduka atas peristiwa tersebut.Tsunami telah menelan jutaan korban dan meluluh lantakkan Aceh.

Dalam rangka memperingati tepat satu Dekade peristiwa Tsunami di Aceh, USAID Indonesia mempersembahkan sebuah film dokumenter berdurasi 25 menit dengan judul: “Stories of Recovery: Ten Years after the Tsunami”. film pendek tentang detik-detik terjadinya bencana tsunami dan upaya rekonstruksi sesudahnya.

Film pendek ini dikerjakan Jolyn Hoff, adalah pembuat film Australia yang telah bekerja dan tinggal di Australia, Amerika Serikat dan Nigeria dan  Jakarta, Indonesia. Menghabiskan 3 tahun terakhir di Nigeria, antara lain, ia difilmkan ritual Yoruba kuno. Sebelum tinggal di Nigeria, ia tinggal di Washington DC dan Sydney Australia dan membuat film dokumenter, film, iklan dan video musik.

Di Washington DC, ia bekerja dengan tiga perusahaan produksi. Beberapa highlights termasuk mengarahkan The Morrowind Babies, sebuah film dokumenter tentang perusahaan game terkenal Bethesda Software, sejumlah video musik dan film konser dan menghasilkan karya untuk BBC World, Discovery Channel dan PBS. Ia juga senang bertemu dan bekerja dengan pemain termasuk Bill Cosby, Ian MacKaye, HR dari Bad Brains dan Chuck Brown.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?73879

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2