Alergi itu adalah sebuah reaksi perlawanan yang dilakukan oleh tubuh terhadap masuknya sebuah benda asing. Ketika sesuatu tak dikenal masuk, antigen dalam tubuh serta merta akan meningkatkan daya imunnya untuk bekerja lebih giat.

Normalnya, sistem imun akan memproteksi tubuh dari daya rusak yang dilakukan benda asing tersebut, seperti bakteri atau racun. Akan tetapi, jika imun melakukan reaksi berlebihan akan terjadi hipersensitivitas atau dikenal dengan alergi. Gejala-gejala alergi berbeda-beda, tergantung pada faktor pemicunya. Walaupun berbeda jenis reaksinya, karakteristik pada umumnya alergi itu tetap sama.

Bersin-bersin, gatal-gatal serta bentol-bentol dari yang kecil sampai bentol besar sering dialami seseorang penderita alergi. Oleh karena itu, sangat diperlukan usaha ekstra untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan terbebas oleh debu bagi orang-orang yang rentan debu. Cobalah cara-cara berikut ini utuk mengurangi alergi debu;

1. Jagalah kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun di luar rumah. Jangan menumpuk banyak barang di dalam rumah, kamar, dan ruang kerja.

2. Hindari ruangan yang sedang dibersihkan, jika terpaksa gunakan masker penutup hidung dan mulut.

3. Cucilah seprei, sarung bantal, guling dan tirai sesering mungkin, karena biasanya debu akan menumpuk disini.

4. Rajinlah mandi dan keramas di sore hari atau sebelum tidur sangat penting karena biasanya debu kerap menempel dan menumpuk serta tertimbun di rambut dan kulit tubuh setelah seharian beraktifitas.

5. Kurangi kelembaban udara dengan menggunakan AC dan rajinlah membersihkan penyaring udaranya.

6. Jika alergi debu sudah parah, dianjurkan tidak memelihara binatang

7. Jangan merokok dan hindari asap rokok. Merokok dapat menyebabkan menurunnya sistem imun dan memudahkan tubuh semakin mudah terpapar berbagai penyakit.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37087

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :