Chris John, juara tinju dunia kelas Bulu versi badan tinju WBA, berhasil mempertahankan gelar ke 12 kalinya setelah bertarung imbang melawan jago tuan tumah Rocky Juarez di Houston, Texas, Minggu (01/03).

Tiga wasit memberikan nilai sama untuk kedua petinju yakni 114-114. Sehingga Chris John masih berhak menyandang sabuk juara miliknya.

Unggul Ronde-Ronde Awal

Seperti diperkirakan kubu Chris John, Rocky Juarez akan berusaha bermain dengan jarak rapat, dan itu berbahaya jika Chris John meladeninya. Sampai ronde ke delapan, setidaknya Chris John berhasil mendikte lawan dengan bermain longgar sambil melepaskan jab dan straight telak ke wajah Juarez. Di ronde keenam, Juarez sempat goyah menerima hook keras Chris John, ia jatuh karena matras juga licin. Juarez bangkit tanpa mendapat hitungan wasit.

Memasuki ronde kesepuluh, mungkin karena stamina yang mulai terkuras, Chris John justru terpancing bertarung dengan jarak pendek. Tiga ronde terakhir dari 12 ronde yang direncanakan menjadi ronde dramatis bagi Chris John, Juarez beberapakali melayang hook dan uppercut telak. Pada ronde kesebelas, bahkan Chris John sempat dua kali terkurung di sudut ring, sebelum akhirnya dapat melepaskan diri dari tekanan dan balik menyerang.

Di ronde terakhir, kedua petintinju terlibat baku pukul yang seru, berkali-kali Juarez menyerang dengan rentetan pukulan keras. Untungnya ia kembali bermain dengan jarak jauh, sehingga Juarez sulit mendaratkan pukulan. Saat mereka rapat, Chris John sesekali melakukan clean.

Oscar De La Hoya Kecewa

Saat juri mengumumkan penilaiann, banyak penonton kecewa, terutama penonton tuna rumah yang menganggap Juarez lebih unggul. Namun begitu, dari statistic ronde yang dikuasai, memang Chris menguasai setidaknya delapan ronde awal, sementara selebihnya milik Juarez. Usai pertandingan saat diwawancarai, keduanya saling mengklaim kemenangan, Juarez dengan pelipis kiri yang sobek dan wajah lebam-lebam menyatakan kecewa atas putusan ini padahal dirinya merasa lebih banyak memasukan pukulan. Sementara Chris John berkata tak bisa berkomentar apa-apa terhadap keputusan juri, ia menganggap dirinya menguasai ronde-ronde awal pertandingan.
Bagi Juarez ini adalah kegagalan yang kelima kalinya dalam pertarungan perebutan gelar.

Promotor Oscar De La Hoya, manajer Golden Boys Promotions yang menggelar acara ini tampak kecewa atas keputusan juri. Tapi entah kecewa apakah karena Jaurez gagal merebut gelar atau karena Chris John tak berhasil mengalahkan dengan telak lawannya. Dari kabar yang diterima, pihak Golden Boys Promotion akan menggelar rematch kedua petinju.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?32720

Untuk melihat Berita Amerika / Amerika / National lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

April Insurance Agency